Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

PDIP Jepara Ikut Buka Suara soal Geger Banteng vs Celeng

Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara Andang Wahyu Triyanto. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Perseteruan di dalam tubuh PDI Perjuangan soal sebutan kader banteng dan celeng menyedot perhatian banyak pihak, termasuk para kader di jajaran cabang. Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Jepara pun turut buka suara soal ini.

Diketahui, di dalam tubuh PDI Perjuangan kini tengah geger perseteruan antara pendukung Ganjar Pranowo yang ingin mengusung gubernur Jateng itu menjadi calon presiden, dengan kader yang menentang, lantaran belum ada perintah dari DPP PDI Perjuangan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara Andang Wahyu Triyanto menegaskan, kader di Bumi Kartini tetap solid dan tegak lurus dengan mekanisme dan struktur partai.

Pihaknya menegaskan, siapapun yang masih menjadi kader PDI Perjuangan dipastikan masih menjadi kader banteng.

“Kader PDI Perjuangan adalah kader banteng. Itu saja,” kata Andang kepada MURIANEWS, Jumat (15/10/2021) malam tadi.

Baca: Sebut Kader PDIP Pendukung Ganjar Celeng, Bambang Pacul Dituntut Minta Maaf

Bagi Andang, banteng sendiri sudah menjadi perlambangan orang-orang marhaen, yang berpolitik sesuai dengan ajaran Soekarno. Yakni bergotong royong dalam satu barisan.

“Banteng itu selalu merumput bersama. Mengatasi masalah bersama. Selalu bergotong-royong,” jelas Andang.

Baca: Geger Banteng vs Celeng, Wakil Ketua PDIP Jateng: Tak Akan Ganggu Soliditas Partai

Lalu tepatkah penggunaan istilah celeng bagi kader PDI Perjuangan? Andang berpandangan istilah itu bertujuan untuk menggambarkan bahwa tabiat celeng yaitu selalu mencari makan dan hidup sendiri.

“Mereka (kader celeng, red) akan bersatu ketika ada makanan yang sama, di tempat yang sama. Setelah itu mereka akan mencari jalan sendiri-sendiri. Tapi banteng, pasti akan berada pada satu kawanan,” tegas Andang.

Baca: Bukan Istilah Baru, Ternyata Ini Arti Istilah Banteng dan Celeng

Soal komunikasi dengan Ganjar, Andang mengaku PDI Perjuangan Jepara lebih banyak berkomunikasi melalui struktur partai. Sebab, baginya, di dalam tubuh partai, pihaknya menganggap bahwa antara dirinya, DPC PDI Perjuangan Jepara, dan Ganjar sama-sama kader partai.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...