Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JABAR

89 Debt Collector Pinjol di Yogyakarta Diboyong ke Polda Jabar

Polda Jabar gerebek kantor pinjol ilegal di Yogyakarta. (Istimewa)

MURIANEWS, Bandung – Sebanyak 89 orang yang diamankan saat penggerebekan kantor pinjol di wilayah Yogyakarta diboyong ke Polda Jabar, Bandung. Mereka tiba di Mapolda Jabar, Bandung pada, Jumat (15/10/2021).

Wadirkrimsus Polda Jabar AKBP Pol Roland Rolandy mengatakan 89 orang yang diamankan tersebut masuk berstatus terperiksa. Dari 89 orang tersebut, mayoritas bertugas sebagai debt collector atau penagih utang.

“Jumlah yang diamankan, total 89 orang. Semuanya dalam status terperiksa. Hasil dari device kita dapatkan ancaman-ancaman ke beberapa nasabah. Sampai dengan ada korban masuk rumah sakit,” katanya dikutip dari Suara.com, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Kantor Pinjol di Sleman Digerebek Polisi, 83 Debt Collector Diamankan

Empat di antara 89 orang yang diamankan diketahui terlibat langsung, dalam artian menjalankan bisnis pinjol ilegal tersebut. Sementara, lainnya, masih dalam status saksi.

Disinggung siapa pimpinan atau pemilik langsung aplikasi pinjol ilegal tersebut, Roland menyebut pihaknya masih mendalami hal tersebut. “Owner belum tahu, apakah ada di situ atau tidak. Kita masih periksa semuanya,” terang dia.

Baca juga: Collector Pinjol Kerja 11 Jam Gajinya Cuma Rp 1,4 Juta

Roland mengatakan, saat timnya lakukan penggerebekan, seluruh orang yang diamankan itu tengah bekerja melakukan penagihan dan pemasaran aplikasi Pinjol ilegal.

Dalam kasus ini, polisi terapkan Pasal 48 Jo Pasal 32 ayat (2) dan/atau Pasal 45 Jo Pasal 29 UU ITE No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU ITE No. 11 Tahun 2008 dan/atau Pasal 62 ayat (1) jo. Pasal 8 ayat (1) huruf f Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

“Ancaman pidananya, empat sampai dengan 12 tahun penjara,” terang dia. Roland mengimbau agar masyarakat segera melaporkan jika merasa menjadi korban pinjol ilegal.

Baca juga: Tambah Enam, Total Debt Collector Pinjol yang Diamankan di Sleman Jadi 89 Orang

Sebelumnya diberitakan, Polda Jabar dan Polda DIY melakukan penggerebekan kantor pinjol di wilayah Yogyakarta. Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan 89 orang dan sejumlah barang bukti seperti ponsel serta komputer.

Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar, Kombes Pol Arif Rahman, menuturkan, kantor Pinjol yang digerebek tersebut, membawahi puluhan aplikasi Pinjol.

“Ada 23 pinjol ilegal dan satu yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” kata Arif, saat dihubungi via ponselnya, Kamis (14/10/2021).

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Suara.com

Comments
Loading...