Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berkolaborasi Percepat Vaksinasi Covid-19

Bupati Jepara meminta dilakukan kolaborasi yang semakin baik, untuk percepatan vaksinasi covid-19.(MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Pemerintah Kabupaten Jepara berkolaborasi dengan berbagai unsur melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19. Upaya dilakukan untuk meraih kekebalan komunal, dan mengakhiri pandemi covid-19.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyebutkan, kolaborasi untuk percepatan vaksinasi Covid-19 tersebut melibatkan 60 dari 130 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Jepara. Hal ini disampaikanya saat menggelar jumpa pers di Pendopo Sosroningrat, Kamis (14/10/2021).

“60 fasyankes itu setara dengan 58 persen, yang mampu memberikan pelayanan vaksinasi,” ujarnya.

Dari jumlah fasyankes yang mampu melakukan vaksinasi, menurutnya akan ditingkatkan kapasitas harian dalam penyuntikan vaksin. Harapannya tercapai 11 ribu dosis setiap hari. Sehingga 50 persen dari total sasaran dapat tervaksin.

BACA JUGA: Capaian Vaksin Grobogan Jadi Perhatian Ganjar

Dari data perhitungan manual, total capaian vaksinasi dosis pertama per 13 Oktober 2021 mencapai 288.438 orang. Capaian ini baru 31,3 persen dari target 922.450 orang.

Di samping sasaran vaksinasi harian akan terus dipacu, Bupati berharap upaya ini bisa didukung pasokan vaksin untuk Jepara. Sehingga seluruh fasyankes dapat mendukung upaya percepatan.

“Kira-kira tinggal 115 ribu untuk kita bisa mencapai di angka 50 persen. Namun, kembali persoalannya adalah ketersediaan vaksinnya dalam hal ini,” terang Dian Kristiandi.

Ia menuturkan, percepatan vaksinasi juga kerap digelar di tempat-tempat keramaian. Dengan membuat gerai-gerai layanan penyuntikan vaksin. Salah satunya di halaman kantor Sekretariat Daerah, rutin dibuka tiga hari tiap pekan. Selain itu juga di objek-objek wisata, bersama TNI dan Polri.

Menurut Dian Kristiandi, meskipun telah mendapatkan vaksinasi Covid-19, warga juga berkali-kali dingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penulis: S Budi Santoso
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...