Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Lansia dan Pelajar di Jepara Dikebut

Salah satu lansia disuntik vaksin di halaman Setda Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Capaian vaksinasi di Kabupaten Jepara tergolong masih rendah. Terutama vaksinasi Covid-19 di kalangan warga lanjut usia (lansi) dan pelajar.

Bupati Jepara Dian Kristiandi, menegaskan akan memprioritaskan dua kalangan tersebut. Sebab, capaian vaksinasi saat ini memang menjadi indikator penentuan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Yang pertama kita prioritaskan adalah para lansia. Sebab, mereka paling rentan terpapar Covid-19. Yang kedua adalah pelajar. Alasannya, anak-anak harus terus melakukan pembelajaran tatap muka (PTM),” kata Andi, Kamis (14/10/2021).

Untuk vaksinasi lansia, Andi akan membuka gera-gerai vaksinasi di 130 fasilitas kesehatan. Seperti Puskesmas, klinik, dan rumah sakit.

Di samping itu, gerai-gerai juga dibuka di tempat-tempat keramaian dan wisata. Juga di halaman Sekertariat Daerah (Setda) atau halaman Pendapa RA Kartini Jepara.

“Kita perbanyak pembukaan gerai-gerai vaksinasi. Supaya masyarakat bisa memperoleh vaksin yang dekat dari tempat tinggalnya. Nanti juga akan ada vaksinasi jemput bola sampai tingkat RW dan RT,” ujar Andi.

Sedangkan, untuk kalangan pelajar, Andi menyampaikan akan terus melanjutkan program vaksinasi di sekolah-sekolah. Selain juga dilaksanakan di pesantren-pesantren.

Hingga hari ini, stok vaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara masih ada 30.031 dosis. Rinciannya, vaksin Sinovac MDV sebanyak 18.849 dosis, Astra Zeneca masih 7.469 dosis, Moderna masih 3.558 dosis, dan Sinopharm sebanyak 155 dosis.

“Saya harap antusiasme masyarakat untuk ikut vaksin lebih ditingkatkan. Silahkan datangi gerai-gerai yang terdekat dari rumah,” imbau Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...