Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

INFO KAMPUS

Mahasiswa Unnes Ajak Remaja Masjid Edukasi soal Covid

Mahasiswa Unnes Salsabila Kinaya Pranindita mengajak remaja masjid memasang poster imbauan protokol kesehatan. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Penyebaran Covid-19 di Dusun Pilang Tangi, Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan menjadi perhatian mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unes). Pasalnya, penyebaran kasus di tempat ini karena kesadaran tentang protokol kesehatan (prokes) dan Covid-19 masih minim.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Unnes Salsabila Kinaya Pranindita yang tengah melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) “SKM Penggerak Desa” pun ikut turun tangan untuk mengedukasi masyarakat.

Ia mengajak remaja masjid sebagai agen untuk sosialisasi prokes dan edukasi mengenai Covid-19.

”Dari wawancara dan FGD yang dilakukan bersama bidan Desa Getasrejo, diketahui jika penyebab paling dominan dari tingginya kasus Covid-19 di Dusun Pilang Tangi adalah kurangnya edukasi mengenai Covid-19 dan prokes rendah. Maka kami berdayakan remaja masjid,” kata Salsabila.

Para remaja masjid itu dibekali dengan pengetahuan tentang pandemi, Covid-19 dan ptorokol kesehatan. Antusias para remaja sangat tinggi, ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mereka.

”Pada 24 September kami berikan edukasi kepada remaja masjid. Setelah itu mereka kami terjunkan untuk turun mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Baca: Mahasiswa Unnes Cek Gizi Anak Cijantung Jakarta Timur

Mahasiswa dan remaja masjid memasang poster tentang pencegahan Covid-19 dan imbauan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu juga menyediakan handsanitizer di tempat umum, mulai di warung dan salah satu peternakan ayam di Dusun Pilang Tangi.

”Kami juga memberikan edukasi pencegahan Covid-19 dengan sasaran ibu-ibu pengajian dan ibu hamil disertai dengan kampanye vaksin sebagai upaya pencegahan Covid-19 menggunakan media leaflet,” terangnya.

Pembagian masker juga dilakukan mahasiswa itu guna kembali menyadarkan masyarakat untuk selalu mentati protokol kesehatan. Dengan adanya program ini mahasiswa berharap kesadaran mengenai protokol kesehatan pada masyarakat meningkat.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...