Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tahu Tuna Kedai Wawan’s Kudus, Kuah atau Goreng Rasanya Yahud

Kedai Wawan’s yang menyajikan menu utama tahu tuna. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Tahu bakso biasanya disajikan dengan olahan tepung tapioka dan perpaduan isi dari gilingan daging sapi ataupun ayam. Namun di Kota Kretek, ada kedai yang menyediakan menu cukup unik, yang memadukan antara tahu, tepung tapioka, dan ikan tuna, yakni tahu tuna.

Kedai Wawan’s Tahu Tuna yang berada di food court K E-sport Lounge Jalan Ahmad Yani,  Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus merupakan kedai yang menyediakan menu tersebut.

Ada dua menu pilihan tahu tuna siap santap yang disediakan di kedai itu. Yakni tahu tuna kuah dan tahu tuna goreng. Tak hanya itu, tahu tuna juga dijual dalam keadaan frozen.

Tahu tuna kuah, disajikan bak seperti bakso. Kuah yang terbuat dari perpaduan bumbu rempah rahasia menjadikan tahu tuna itu semakin lezat.

Begitu juga dengan tahu tuna goreng yang digoreng dengan baluran telur bisa membuat lidah bergoyang.

Tahu tuna kuah dan goreng yang ada di Kedai Wawan’s. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Pemilik kedai, Yuliatno Setyawan menjelaskan, ide awal membuat kuliner tahu tuna itu, didapatkannya dari daerah Pacitan, Jawa Timur. Terlebih, pemanfaatan ikan yang dipadukan dengan tahu di wilayah pantura timur masih cukup jarang.

“Kebetulan ada temen dari Juwana, Pati yang siap masok stok ikan. Dari situlah muncul ide tahu tuna itu, karena tuna juga baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak,” katanya, Kamis (14/10/2021).

Menu tahu tuna sendiri, sambung dia, menjadi andalan di kedai tersebut. Beberapa porsi tahu tuna baik kuah, goreng ataupun frozen terjual setiap harinya. Hanya saja, penjualan saat ini masih dominan melalui ojek online.

“Tahu tuna kami jualnya memang ramai lewat ojek online. Animo untuk makan di tempat masih jarang,” ucapnya.

Pecinta kuliner yang ingin mencicipi tahu tuna, tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Hanya cukup dengan Rp 18 ribu per-porsi, pecinta kuliner sudah bisa menikmati lezatnya tahu tuna kuah ataupun goreng.

“Untuk frozen kami patok harga Rp 23 ribu per-porsi,” ungkapnya.

Selain menu andalan tahu tuna, pecinta kuliner juga bisa mencicipi kuliner lain di kedai tersebut. Seperti Indomie saus rendang, Indomie saus kare, Indomie saus BBQ, ayam geprek, gudek, dan sejumlah makanan ringan lainnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...