Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PB Djarum Cari Bibit Atlet ke Tanah Manado

Melalui Richard Mainaky, PB Djarum mencari bibit pemain ke Manado. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pembibitan atlet terus dilakukan oleh PB Djarum. Kali ini PB Djarum melalui tangan dingin Richard Mainaky mencari bibit atlet terbaik ke Manado, Sulawesi Utara.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menjelaskan pihaknya melalui Richard sedang mencari pebulutangkis muda di Manado. Daerah Manado dipilih lantaran banyak talenta terbaik di Manado. Selain itu, kebetulan merupakan tempat tinggal Richard Mainaky.

“Kalau bicara soal Manado atau Sulawesi itu banyak atlet bagus. Yang sudah jadi atlet berprestasi seperti sekarang ini ada Greysia Polii, Liliyana Natsir, Apriyani Rahayu, Richard Mainaky, Rexy Mainaky, dan Ikhsan Rumbay (Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay-red),” katanya, Kamis (14/10/2021).

Menurut penjelasan dari Yoppy, saat ini Richard melatih dan mencari bibit di PB Talenta. PB Talenta ini merupakan PB (Perkumpulan Bulutangkis) pertama yang ada di luar pulau Jawa. Diketahui, PB Talenta ini merupakan mitra dari PB Djarum.

“Di situ Richard membina atlet di bawah usia 15 tahun. Mudah-mudahan bisa menjadi sumber bibit yang unggul. Sehingga bibit terbaik itu memiliki akses ke tingkat nasional,” terang Yoppy.

BACA JUGA: PB Djarum Dikunjungi Tiga Legenda Badminton

Bibit pemain yang akan diutamakan, yang pertama tetap pemain dari nomor tunggal. Karena basis pemain berawal dari nomor tunggal terlebih dahulu. Dari nomor tunggal itu nantinya baru diambil keputusan akan cocok di posisi mana.

“Semuanya tentu berawal dari tunggal dulu. Setelah itu nanti baru dilihat cocok di ganda, ganda campuran, atau di tunggal,” ungkapnya.

Yoppy juga tidak menampik jika memang atlet tersebut bagus dan memiliki potensi, akan coba dibina di PB Djarum. Yoppy mengaku senang ada sosok Richard yang mau turun mencari bibit di Indonesia timur.

“Saya senang di Indonesia timur ada sosok sekaliber Richard yang mau turun membina atlet. Manado beruntung punya Richard,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelatih PB Talenta yang juga eks atlet PB Djarum, Richard Mainaky mengaku akan mencari atlet berusia 8-12 tahun. Dia berencana membentuk karakter atlet terlebih dahulu.

“Kalau karakternya bagus seperti pekerja keras, disiplin, dan punya attitude yang baik paling tidak itu jaminan untuk berprestasi,” katanya, Kamis (14/10/2021).

Perihal nomor pertandingan yang dicari, Richard tidak akan langsung mencari atlet nomor ganda. Melainkan dimulai dari tunggal dulu.

“Semuanya tetap berawal dari tunggal dulu. Setelah itu baru dilihat atlet ini cocok di tunggal atau ganda,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

 

Comments
Loading...