Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jadi Syarat Kenaikan Pangkat, 40 Anggota Polres Pekalongan Kota Ikuti Ujian Bela Diri

Anggota Polres Pekalongan Kota saat mengikuti ujian bela diri polri. (Humas Polres Pekalongan Kota)

MURIANEWS, Pekalongan – Sebanyak 40 personel Polres Pekalongan Kota mengikuti ujian bela diri, Kamis (14/10/2021) pagi. Tes tersebut sekaligus untuk meningkatkan kemampuan dan sebagai salah satu syarat mutlak kenaikan pangkat.

Ujian beladiri sendiri dilaksanakan di Gedung Serba Guna Asrama Polisi Kraton jalan Bahagia Kota Pekalongan. Ujian Bela diri Polri ini diikuti 11 perwira pertama dan 21 Bintara.

Jenjang kenaikan pangkat yang diusulkan kenaikan pangkatnya untuk periode 1 Januari 2022 tersebut terdiri dari AKP ke Kompol sebanyak tiga personel, Iptu ke AKP tiga  personel, Ipda ke Iptu lima personel, dan ke Ipda (pengabdian) sebanyak tiga personel.

Selain itu, ada juga Aipda ke Aiptu empat personel, Bripka ke Aipda 15 personel, dan Brigadir ke Bripka dua personel, Briptu ke Brigadir dua personel, dan Bripda ke Briptu tiga personel.

Dalam ujian beladiri Polri tersebut yang dinilai dari tim penguji yaitu tekhnik dasar beladiri polri, tekhnik beladiri polri tanpa alat dan tekhnik beladiri polri dengan alat melawan alat. Materi ujian tersebut harus dikuasai dan lulus dalam penilaian tim penguji.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi melalui Kabag SDM Kompol Trismiyanto mengatakan, tujuan diadakannya ujian beladiri polri bagi personel Polres Pekalongan kota adalah untuk nilai 13 komponen sebagai syarat untuk pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang).

”Selain itu juga untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari dilapangan terutama untuk melumpuhkan pelaku tindak pidana,” kata Kabag SDM Kompol Trismiyanto.

Ia pun menegaskan, personel yang sedang melaksanakan usulan kenaikan pangkat (UKP) tidak dinaikan pangkatnya begitu saja. Akan tetapi selain sudah masuk waktunya, persyaratan administrasi harus lengkap.

”Yang bersangkutan juga harus mengikuti dan melaksanakan tes atau ujian seperti penelitian personil (Litpers), kesamaptaan jasmani (Kesjas) serta ujian Beladiri Polri seperti yang sedang dilaksanakan pada hari ini,” ungkapnya

“Ini semua berlaku bagi semua golongan pangkat, baik golongan pangkat Inspektur maupun Brigadir, kemudian apabila telah memenuhi syarat maka berkas UKP akan diproses melalui Polda Jawa Tengah untuk mendapatkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat dari pejabat yang berwenang,” pungkasnya

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...