Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Melebihi Target, Klaten Yakin Turun ke PPKM Level 1

Mbah Lamidi, lansia Klaten yang mengikuti vaksinasi. (klatenkab.go.id)

MURIANEWS, Klaten – Landainya kasus Covid-19 dan semakin tingginya persentase vaksinasi diyakini bisa membuat Kabupaten Klaten turun level dari Level 2 ke Level 1. Apalagi, capaian vaksinasi dosis I sudah 75,06 persen.

Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito mengatakan, untuk turun ke PPKM Level 1, vaksinasi dosis I memang harus 70 persen.

“Agar bisa turun ke level 1 itu kan syaratnya capaian vaksinasi dosis I harus 70 persen. Sedangkan capaian vaksinasi lansia harus sudah 60 persen,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Kamis (14/10/2021).

Ronny menyebutkan, di Klaten sendiri vaksinasi dosis I sudah mencapai 75,06 persen dan vaksinasi lansia telah mencapai 66,31 persen.

“Dari situ Klaten sudah memenuhi syarat masuk ke Level I,” kata tegas Ronny Roekmito.

Ronny Roekmito mengatakan jumlah kecamatan di Klaten yang dinyatakan bebas Covid-19 juga terus bertambah. Sebanyak sembilan kecamatan dari 26 kecamatan di klaten telah bebas Covid-19.

Masing-masing, yakni Bayat, Gantiwarno, Kalikotes, Karangnongko, Kebonarum, Kemalang, Klaten Utara, Klaten Selatan, Tulung.

“Di Klaten berkurang lagi dua, Delanggu dan Wonosari sejak, Rabu (13/10/2021) [dinyatakan bebas Covid-19],” katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, meminta seluruh elemen masyarakat terus proaktif guna mencegah penyeebaran Covid-19.

Meski Klaten sudah dinyatakan turun level menjadi PPKM Level 2, Yoga Hardaya mengingatkan seluruh warga bahwa pandemi Covid-19 belum selesai dan sewaktu-waktu bisa kembali meledak jika seluruh elemen masyarakat mengabaikan protokol kesehatan (prokes).

“Terutama yang harus diawasi agar tetap prokes ketat adalah pelaksanaan PTM di sekolah-sekolah dan kunjungan wisatawan di objek wisata,” katanya.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten telah menembus angka 34.752 kasus hingga, Rabu (13/10/2021).

Sebanyak 28 orang masih menjalani perawatan/isolasi dan sebanyak 31.806 orang dinyatakan telah sembuh oleh tim medis. Sebanyak 2.918 orang telah meninggal dunia.

“Di Klaten masih ada penambahan lima kasus Covid-19 dalam sehari, Rabu (13/10/2021). Di samping itu, terdapat dua pasien Covid-19 yang sembuh,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...