Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemprov Juga Kucurkan BLT Buruh Rokok di Kudus, Begini Pembagiannya

Buruh rokok tengah bekerja di salah satu brak perusahaan rokok di Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera mengucurkan BLT untuk buruh rokok. Total ada 63 ribu penerima yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan dalam rangka penanganan pandemi ini.

Namun, dari total jumlah penerima tersebut, nanti ada yang mendapat BLT dari Pemprov Jawa Tengah.

Hal tersebut dikarenakan Pemprov Jateng juga akan mengucurkan BLT buruh rokok bagi pekerja rokok yang ada di Jawa Tengah.

“Karena dari Pemprov juga mengeluarkan BLT buruh rokok, maka jumlah tersebut nanti dibagi dua. Ada yang dapat dari pemprov, ada yang dapat dari pemkab,” kata Kabag Perekonomian Setda Kudus Dwi Agung Hartono via WhatsApp, Kamis (14/10/2021).

Walau demikian, pihaknya memastikan tak akan ada penerima dobel. Karena kini pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemprov Jateng terkait data penerimanya.

Sehingga ketika sudah terdaftar di data penerima Pemprov Jateng, maka tidak akan terdaftar sebagai penerima dari Pemkab Kudus. “Dalam regulasinya juga sudah tertera demikian,” ujarnya.

Baca: Hasil Verifikasi, Ini Jumlah Buruh Rokok Kudus Calon Penerima BLT

Agung mengatakan, calon penerima tak perlu khawatir mengenai nominal BLT yang akan diberikan.

Karena baik dari pemprov maupun pemkab, akan mencairkan BLT dengan nominal yang sama. Yakni Rp 300 ribu per bulan dan cair selama dua bulan.

Untuk kriteria penerima, Agung menyebut penerima BLT buruh rokok boleh terdaftar di Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) maupun tidak.

Baca: Tiga Jenis Pekerjaan di Pabrik Rokok Ini Tak Masuk Penerima BLT DBHCHT

Ketika tidak terdaftar di DTKS, lanjutnya, sepanjang memenuhi syarat lain seperti berdomisili di Kudus dan memiliki surat keterangan diusulkan sebagai penerima dari dinas setempat, maka tetap bisa menerima BLT.

“Secara persayaratan kami juga sama dengan pemprov,” ujarnya.

Diketahui, Sebanyak 63.132 orang buruh rokok diusulkan untuk menerima BLT buruh rokok selama dua bulan. Jumlah tersebut tercatat berasal dari 62 perusahaan rokok legal yang ada di Kudus.

Baca: Ini Kriteria Buruh Rokok Kudus yang Bakal Diberi BLT

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, jumlah tersebut juga merupakan hasil verifikasi yang dilakukan Disnaker sebelumnya.

Karena pada data awal, tercatat ada sebanyak 64.068 pekerja. Namun setelah diverifikasi, terdapat 589 pekerja berdomisili di luar Kudus dan ada 347 pekerja dari bagian non-produksi. Hingga akhirnya dicoret.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...