Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hasil Verifikasi, Ini Jumlah Buruh Rokok Kudus Calon Penerima BLT

Para buruh rokok tengah bekerja di salah satu brak pabrik rokok di Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus telah melakukan verifikasi jumlah buruh rokok yang bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT). Data awal ada 64.068 buruh yang masuk, setelah diverifikasi hasilnya menyusut.

Tercatat ada 63.132 orang buruh rokok yang lolos verifikasi dan akan diusulkan sebagai penerima BLT. Jumlah tersebut tercatat berasal dari 62 perusahaan rokok legal yang ada di Kudus.

Mereka diusulkan untuk mendapat bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan. BLT akan dikucurkan selama dua bulan, sehingga per buruh akan menerima total Rp 600 ribu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, jumlah merupakan hasil verifikasi yang dilakukan Disnaker sebelumnya.

Baca: Tiga Jenis Pekerjaan di Pabrik Rokok Ini Tak Masuk Penerima BLT DBHCHT

Karena pada data awal, tercatat ada sebanyak 64.068 pekerja.

“Namun setelah kami lakukan verifikasi, terdapat 589 pekerja berdomisili di luar Kudus dan ada 347 pekerja dari bagian nonproduksi,” katanya, Kamis (14/10/2021).

Ia menyebut, berdasarkan data dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, ada sebanyak 75 pabrik rokok yang terdaftar.

Baca: Kudus Siapkan Rp 45 Miliar untuk BLT 70 Ribu Buruh Rokok

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kudus mengalokasikan Rp 45 miliar dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk progam BLT buruh rokok di Kota Kretek.

Jumlah tersebut, diperuntukkan bagi 70 ribu penerima yang merupakan buruh rokok aktif di berbagai pabrik rokok di Kabupaten Kudus.

Anggaran itu, rencananya disalurkan sebanyak  dua kali karena mempertimbangkan waktu pembahasan di DPRD Kudus hingga pengesahan Perubahan APBD 2021.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...