Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Vaksin Asta Zeneca Tiba di Kudus, Bisakah untuk Lansia?

Lansia tengah disuntikkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus kembali menerima kiriman vaksin Covid-19 sebanyak 7.000 dosis. Janis vaksin yang dikirimkan pemerintah pusat itu yakni Astra Zeneca.

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus berencana menggunakannya untuk mengejar target penyuntikan vaksin pada kategori lanjut usia (lansia). Namun, saat ini tengah dikonsultasikan pada pakar apakah bisa atau tidak.

Mengingat selama ini, jenis vaksin yang dipakai untuk kaum lansia adalah vaksin jenis Sinovac.

“Ketika nanti tidak bisa ya dipakai untuk ’utang’ penyuntikan dosis kedua dengan jenis vaksin yang sama,” kata Kepala DKK Kudus Badai Ismoyo, Kamis (14/10/2021).

Namun apabila dimungkinkan bisa untuk lansia, pihaknya memiliki perhitungan jika capaian target vaksin kategori lansia bisa bertambah lima persen. Sehingga capaiannya bisa mencapai 33 persen.

Baca: Vaksinasi Lansia jadi Indikator Level PPKM

Saat ini sendiri, capaian vaksinasi pada kategori lansia di Kudus baru sebanyak 28 persen dari target sebanyak 71.098 orang.

DKK sendiri, mengakui adanya sejumlah kendala dalam proses vaksinasi lansia. Mulai dari teknis maupun nonteknis.

Baca: Vaksin Booster Akan Jadi Kendala Jemaah Umrah

Teknisnya, kata Badai, adalah di mana lansia tidak bisa datang sendiri ke sentra vaksinasi. Sehingga butuh pendampingan dari keluarganya.

Sementara faktor nonteknisnya, diketahui masih banyak lansia yang enggan melakukan vaksinasi.

“Ya dengan berbagai alasan, namun kebanyakan memang takut divaksin,” jelas dia.

Pemerintah Kabupaten Kudus sendiri, menyiapkan dua mobil pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kota Kretek. Hal tersebut dilakukan untuk mengejar target vaksinasi Covid-19 khususnya di kategori lansia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...