Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Geger Banteng vs Celeng, Begini Sikap Ganjar

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Ramainya polemik banteng vs celeng di internal PDI Perjuangan akhirnya ditanggapi Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan dirinya selaku kader PDIP, tetap akan tegak lurus dengan arahan ketua umum partai atau dengan kata lain tetap dalam barisan banteng.

Hal itu disampaikan Ganjar saat dijumpai wartawan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (13/10/2021) kemarin.

Baca: Geger Banteng vs Celeng, Wakil Ketua PDIP Jateng: Tak Akan Ganggu Soliditas Partai

Mengutip Detik.com, awalnya Ganjar sempat tidak mau menanggapi dengan serius pertanyaan wartawan terkait polemik celeng vs banteng di internal PDIP.

“Celeng apa? Apa di Grobogan ada celeng,” kata Ganjar saat peresmian Trans Jateng kordior 3 Grobogan-Semarang di Pendapa Kabupaten Grobogan.

Meski demikian, Ganjar pun akhirnya menanggapi pertanyaan wartawan perihal polemik celeng vs banteng di internal PDIP itu.

“Sorry ya, kita banteng, bro. Sekali banteng tetap banteng!,” tegas Ganjar.

Sekadar informasi, polemik celeng vs banteng saat ini tengah menyelimuti internal PDIP. Sebutan celeng ini muncul untuk menyebut kader partai berlambang banteng yang dianggap keluar dari barisan.

Baca: Bukan Istilah Baru, Ternyata Ini Arti Istilah Banteng dan Celeng

Awalnya, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang ‘Pacul’ Wuryanto menyebut celeng bagi pengurus dan oknum PDIP yang mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

Ia menyebut kader tersebut keluar dari barisan karena tidak menaati arahan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang melarang kader menggelar deklarasi kepada tokoh manapun sebagai capres pada Pilpres 2024.

“Adagium di PDIP itu yang di luar barisan bukan banteng, itu namanya celeng. Jadi apapun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan ya celeng,” tegas Bambang, Sabtu (9/10/2021) lalu.

Setelah dianggap sebagai celeng, barisan pendukung Ganjar Pranowo justru menunjukkan keberaniannya dengan mengeluarkan logo kepala celeng berwarna merah dengan taring panjang berwarna putih. Mereka juga menyatakan kelompoknya sebagai barisan celeng berjuang.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...