Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Viral Protes Warga Semarang Kena Semprot Disinfektan di Jalan, Begini Penjelasan Satpol PP

Seorang warga Kota Semarang protes di medsos karena wajah dan badannya basah tersemprot cairan disinfektan yang disemburkan oleh truk damkar, Rabu (13/10/2021). (Foto: Tangkapan layar akun medsos)

MURIANEWS, Semarang — Aksi protes seorang warga Kota Semarang yang terkena semprotan disinfektan di bagian wajah dan tubuhnya viral di media sosial.

Hal itu terjadi setelah warga bernama Bryan Ramadhan itu mengunggah protesnya ke Instagram sambil menandai Gubernur Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang, dan Pemkot Semarang.

Dalam unggahannya, Byan memprotes aksi Satpol PP yang menyemprotkan disinfekan dari truk pemadam kebakaran yang mengenai wajah dan badannya.

Baca: Viral Anak-Anak Main di Tol Semarang-Solo, Begini Kata Kasatlantas Boyolali

Dalam aksi protesnya di medsos itu, ia bahkan turut mengunggah video ketika dirinya melakukan protes ke petugas damkar.

Melansir dari detikcom, Bryan mengaku peristiwa itu terjadi di Jalan Menoreh, Sampangan, Rabu (13/10/2021) sekitar pukul 08.00-08.30 WIB. Ia mengalami penyemprotan saat hendak pulang dengan menggunakan sepeda.

Bryan menjelaskan dia tahu ada truk damkar akan melintas dan menepikan laju sepedanya. Namun ia terkejut ketika semburan cairan mengenai wajahnya.

“Itu perjalanan ke rumah. Saya naik sepeda, dari kejauhan memang sudah terdengar sirene. Saya minggir kasih jalan damkar. Nah pas damkar lewat langsung wajah saya kena semprot,” kata Bryan.

Baca: Heboh Pria Magelang Nikahi Rice Cooker, Viral Hingga Filipina dan India

“Ya tahu sendiri semprotan dari damkar seperti apa,” imbuhnya.

Bryan lantas berusaha mengejar truk damkar itu hingga berhenti. Petugas yang ada di truk kemudian menemui Bryan yang protes.

Ketika Bryan menyampaikan protes itu sempat datang truk lainnya. Petugas yang baru datang itu juga berusaha menjelaskan tugasnya.

Para petugas juga menanyakan ke Bryan apakah hal itu terlihat disengaja atau tidak. Kemudian Brian diarahkan untuk protes ke Kantor Damkar Kota Semarang.

Baca: Aksi Tabrak Warung Hik dan Motor Viral, Mazda CX-5 Milik Warga Solo Diamankan Polisi

“Bilangnya karena tugas. Habis itu saya bilang la saya kena, orang berhak protes. Mereka mengarahkan protes ke kantor,” katanya.

Sementara dalam video yang ia rekam, petugas damkar menjelaskan penyemprotan biasa dilakukan dan sudah berjalan sesuai dengan jadwal. Bahkan Bryan juga diperlihatkan draf jadwal beserta rutenya.

“Saya kan enggak sengaja nyemprot situ,” kata seorang petugas.

“Ini mas ada surat tugasnya, seperti ini,” imbuh petugas lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Agus Harmunanto, mengatakan penyemprotan disinfektan sudah dilakukan rutin sejak awal pandemi Covid-19.

Baca: Disebut Hoaks, Pengunggah Video Senam Viral di Puri Indah Sewot, Satpol PP Jakbar Minta Maaf

Selama ini belum ada komplain, namun ia meminta maaf jika ada yang tidak berkenan. Terkait kejadian yang dialami warga Kota Semarang itu, ia menyatakan tidak ada unsur kesengajaan.

“Kita dari pertama Covid-19 sampai sekarang masih mendapat tugas penyemprotan disinfektan dan selama ini tidak pernah ada komplain. Kita jalankan tugas sesuai prosedur. Menurut saya kalau masih salah mohon maaf,” kata Agus.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...