Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kotak Amal Masjid As-Salam Kuwiran Klaten Dibobol Maling

Ilustrasi

MURIANEWS, Klaten — Aksi maling kotak amal masjid terjadi di Klaten. Kali ini kotak amal berisi ratusan ribu rupiah milik Masjid As-Salam di Kuwiran RT 1 RW 10, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, ludes dikuras maling, Rabu (13/10/2021).

Aksi pembobolan kotak amal tersebut kali pertama diketahui ibu-ibu saat salat subuh, Rabu (13/10/2021) pagi. Awalnya, beberapa ibu-ibu tersebut hendak memasukkan uang ke kotak amal tersebut.

Baca: Bobol Kotak Amal Rp 50 Juta di Umbulharjo, Warga Kulon Progo Dibekuk Polisi

Namun, saat memasukkan tersebut mereka dibuat kaget lantaran kotak amal tersebut gemboknya sudah rusak. Saat diperiksa, uang didalamnya pun sudah ludes tanpa sisa.

Melihat hal itu, ibu-ibu melaporkan kepada takmir masjid. Jumlah uang di dalam kotak infaq yang diembat maling berkisar Rp 400 ribu – Rp 600 ribu.

“Setelah salat isya, Selasa (12/10/2021) malam itu kondisi gembok kotak infak belum rusak. Saat Subuh, saya dilapori ibu-ibu bahwa kotak infak sudah dibobol maling. Masjid ini memang terbuka untuk umum [selama 24 jam],” kata Ketua Takmir Masjid As-Salam Kuwiran Sengon Rusdwiyono alias Dwi (39) seperti dikutip Solopos.com.

Baca: Densus 88 Amankan Ribuan Kotak Amal ‘Syam Organizer’

Dwi menuturkan tidak melihat orang yang mencurigakan sebelumnya. Dia mengaku mengikhlaskan kejadian itu. Biasanya, takmir masjid akan membuka kotak amal setiap Jumat.

Dwi mengatakan takmir masjid berencana memasang kamera closed circuit television (CCTV) dalam waktu dekat. Hal itu sebagai wujud peningkatan pengawasan terhadap situasi dan kondisi di kompleks masjid selama 24 jam.

“Di sini memang belum dilengkapi kamera CCTV. Kami sudah berniat memasangnya dalam waktu enggak sampai sebulan ini. Belum sampai dipasang, sudah kejadian [kotak infak dibobol maling],” katanya.

Baca: Gasak Kotak Amal Masjid di Pati, Pria Bersarung Diamankan Warga

Dwi mengatakan Masjid As-Salam pernah disatroni maling, beberapa waktu lalu. Beberapa barang di masjid hilang diambil orang tak dikenal, seperti sajadah dan Alquran.

“Sekitar 1-2 tahun lalu, gudang kami [di dalam masjid] juga pernah dibobol orang. Pernah juga sajadah dan Alquran baru tiba-tiba hilang,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...