Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Parpol di Kudus Dikucuri Dana Rp 1,2 Miliar, Ini Rinciannya

Bupati Hartopo (kiri) menyerahkan banpol di pendapa kabupaten, Rabu (13/10/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengucurkan anggaran Rp 1,2 milar untuk dana bantuan politik sepuluh partai politik (parpol) peraih kursi di DPRD Kudus. Bantuan tersebut, bersifat hibah.

Sepuluh parpol peraih kursi di DPRD yang mendapatkan dana banpol adalah Partai Golkar, Partai Nasdem, PKS, PPP, PDIP, Partai Demokrat, PAN, Partai Hanura, Partai Gerindra, dan PKB.

Dengan rincian pembagian, PDIP sebesar Rp 219,47 juta, PKB sebesar Rp 193,19 juta, Partai Gerindra sebesar Rp 181,68 juta, Partai Golkar sebesar Rp 159,53 juta, Partai Nasdem sebesar Rp 87,38 juta, dan PAN sebesar Rp 76,87 juta.

Kemudian PKS mendapat bantuan sebesar Rp88,1 juta, PPP sebesar Rp 73,89 juta, dan Partai Hanura mendapatkan bantuan Rp 70,22 juta dan Partai Demokrat menerima bantuan sebesar Rp 51,26 juta.

“Semakin banyak perolehan suara yang diraih, maka akan semakin banyak banpol yang didapatkan. Per suara nilainya Rp 2.550,” ujar Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus Harso Widodo, Rabu (13/10/2021).

Harso menambahkan, masih ada satu parpol yang belum mengajukan pencairan bantuan. Yakni Partai Demokrat. Pihaknya belum mengetahui alasan pasti kenapa Demokrat tidak mengajukan pencairan.

“Sementara sembilan lainnya sudah, kami harapkan Demokrat bisa segera mengajukan dan melakukan pencairan,” tandasnya.

Bupati Kudus HM Hartopo berharap dana bantuan tersebut bisa dimaksimalkan untuk pendidikan politik. Sasarannya, bisa masyarakat awam maupun kader dari partai tersebut.

“Kami harap pendidikan politik ini bisa jalan terus, selain itu parpol juga kami harapkan bisa menjaga stabilitas keamanan daerah,” kata dia.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, pihaknya juga berharap partai politik bisa turut mempromosikan penerapan protokol kesehatan. Serta mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

“Terutama untuk vaksinasi golongan lansia, kami minta bantuannya untuk memotivasi mereka,” jelas Hartopo.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...