Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berada di POT 4 Ini Calon Lawan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia yang baru saja menyingkirkan Taiwan, berada di Pot 4 Piala Asia 2023. Situasi ini membuat mereka harus bekerja keras jika ingin lolos ke Piala Asia 2023. (facebook.com/pssi/photos)

MURIANEWS, Jakarta- Timnas Indonesia yang baru saja mengalahkan Taiwan dalam dua leg pertandingan di Buriram, Thailand, dipastikan menghadapi tantangan lagi. Di kualifikasi Piala Asia 2022, Indonesia kemungkinan akan bersaing dengan sejumlah lawan berat.

Sebanyak 24 tim, termasuk Indonesia akan berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Nasib Indonesia ditentukan melalui drawing sesuai dengan pot masing-masing. Sesuai dengan ketentuan AFC, Indonesia kini berada di pot 4.

Selain Indonesia ada beberapa negara yang berada di pot empat. Diantaranya adalah Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan pemenang antara Kamboja vs Guam, yang juga harus menjalani play-off seperti yang dijalani Indonesia.

Dengan demikian, Indonesia dan negara-negara yang berada di Pot 4 berpeluang untuk berada satu grup dengan negara-negara di Pot 2,3 dan 1. Selanjutnya, Indonesia harus berjuang mati-matian untuk dapat lolos ke Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Liga Indonesia Boleh Datangkan Penonton ke Stadion

Sementara itu untuk Pot 1, dihuni tim-tim unggulan seperti Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, dan India. Sementara pot dua diisi Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, dan Myanmar. Adapun, pot tiga dihuni Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, dan Singapura.

Dengan demikian, Indonesia bisa saja bergabung bersama satu grup dengan Thailand (Pot 2) dan Malaysia (Pot 3). Kedua tim ini pernah mengalahkan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sekaligus babak kedua kualifikasi Piala Asia 2023.

Kala itu, Indonesia kalah dua kali dari Malaysia baik saat di Jakarta maupun Kuala Lumpur. Sementara itu, Indonesia menelan satu kekalahan dan sekali imbang lawan Thailand. Namun demikian, bisa juga Indonesia akan berkumpul dengan negara-negara lain dari Asia Barat yang juga sulit dikalahkan.

Berikut daftar pembagian pot Kualifikasi Piala Asia 2023:
Pot 1: Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, dan India.
Pot 2: Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Myanmar.
Pot 3: Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, Singapura.
Pot 4: Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, Indonesia, Guam/Kamboja.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...