Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Disbudpar Salatiga Catat 140-an Bangunan Masuk Dokumen Inventarisasi

Gedung Pemkot Salatiga. (BPCB Jateng)

MURIANEWS, Salatiga – Panji Hanief Gumilang, Kepala Seksi Sejarah, Cagar Budaya, dan Permuseuman pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Salatiga mengaku sudah melakukan inventarisasi bangunan cagar budaya di Kota Salatiga.

Hingga saat ini jumlah bangunan yang masuk dalam dokumen inventarisasi cagar budaya mencapai 140-an bangunan. Meski begitu, jumlah tersebut dimungkinkan masih bisa bertambah lantaran inventarisasi yang dilakukan tidak termasuk bangunan sengketa.

“Kalau (bangunan) bersengketa kita tidak mendata. Jadi masih bisa bertambah,” katanya sseperti dikutip RMOL Jateng, Selasa (12/10/2021).

Disinggung bagaimana biaya perawatan, diakui Panji, memang dilimpahkan kepada OPD atau dinas masing-masing. Misalnya saja, rumah dinas Wali Kota yang masuk BCB, perawatannya menjadi tanggungjawab bagian umum Setda.

Sedangkan bangunan eks Perpus/Dekranasda di Jalan Soekowati (samping bangunan Kelenteng) assetnya dikelola Disperinaker.

“Ada pula bantuan dana langsung. Seperti, terdapat beberapa bangunan BCB di Salatiga mendapatkan semacam duit grant gitu,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: RMOL Jateng

Comments
Loading...