Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sejarah Museum RA Kartini Jepara dari Masa Ke Masa

Museum RA Kartini Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Hari ini, tanggal 12 Oktober adalah Hari Museum Nasional. Di Kabupaten Jepara terdapat sebuah museum utama, bernama Museum RA Kartini.

Untuk menyambut Hari Museum Nasional, satu bulan terakhir, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara menggelar berbagai acara kesenian dan kebudayaan di museum.

Museum dijadikan salah satu pusat pelestarian sejarah, seni dan kebudayaan Kota Ukir.

Tapi tahukah kamu tentang sejarah Museum RA Kartini yang menjadi kebanggaan warga Jepara itu?

Menurut keterangan tertulis dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Zamroni Leistiaza, museum tersebut dibangun untuk mengenang jasa dan pengabdian tokoh emansipasi wanita Indonesia, RA Kartini.

Museum ini berada di jantung Kabupaten Jepara. Jika berada di depan Pendapa RA Kartini Jepara, arahkanlah pandangan ke sudut barat laut Alun-Alun Jepara.

Baca: Datang ke Kamar Kartini, Menteri Desa Bahas Pengentasan Kemiskinan

Museum RA Kartini ini dibangun pada masa Bupati Soemarno Djojomardowo. Tepatnya pada 30 Maret 1975. Museum ini didirikan atas usulan wakil rakyat dan bantuan Presiden Soeharto. Museum diresmikan oleh Bupati Soedikto pada 21 April 1977.

Museum dibangun di atas lahan seluas 5.210 meter persegi. Dengan luas bangunan 890 meter persegi.

“Pada saat diresmikan, museum ini terdiri  atas tiga gedung utama. Jika dilihat dari atas, gedung tersebut berbentuk huruf K, T, dan N. Yang merupakan singkatan dari Kartini,” katanya.

Baca: Sosok Raden Ayu Semangkin, Dikenal Sebagai Penjaga Kalinyamat Hingga Senopati Perang Mataram

Pada tahun 2018, Museum RA Kartini memperoleh koleksi foto-foto dari Kedutaan Belanda. Seperti koleksi foto Kartini dan sebagian foto kota Jepara tempo dulu.

Museum ini pernah mengalami renovasi tiga kali. Pada tahun 2016, renovasi dilakukan di ruang koleksi barang-barang RA Kartini.

Kedua di tahun 2017, renovasi di ruang dua yang berisi koleksi barang-barang Jepara kuno. Dan renovasi ke tiga di tahun 2018, pada ruang ke tiga yang berisi barang-barang keluarga Kartini.

Museum ini menyajikan banyak sekali peninggalan benda-benda bersejarah tentang Jepara. Kamu bisa mendatangi langsung Museum RA Kartini secara gratis.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...