Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bandara Ngloram Ditarget Bisa Beroperasi 29 Oktober

Pesawat tengah parkir usai uji coba pendaratan di Bandara Ngloram Blora. (MURIANEWS/Priyo)

MURIANEWS, Blora – Operasional Bandara Ngloram Blora diharapkan bisa dilaksanakan akhir Oktober 2021 ini. Terlebih semua prasarana untuk membuka bandara komersial itu telah siap.

Pihak bandara, perusahaan penerbangan dan pemerintah, Selasa (12/10/2021) bertemu untuk mematangkan rencana tersebut.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya telah bertemu dengan direktur Citilink di Jakarta dan telah sepakat akan membuka penerbangan di Bandara Ngloram pada tanggal 29 Oktober 2021.

”Pak Sesditjen Perhubungan Udara juga memberikan arahan agar penerbangan bisa dibuka sebelum diresmikan. Yang insyaallah akan diresmikan Presiden akhir November atau Desember 2021,” katanya.

Pihaknya ingin tahu sampai mana kesiapan bandara dan maskapai Citilink dalam mempersiapkan pembukaan penerbangan yang diusulkan penerbangan bisa dibuka seminggu dua kali, yakni Senin dan Jumat dari Cepu-Halim PP tersebut.

“Kebetulan Komandan Lanud Halim-nya asli Blora sehingga kita hubungi dan beliau sangat mendukung. Nanti kita minta Citilink untuk bersurat ke Danlanud untuk mengajukan izinnya agar segera diproses,” ujarnya.

Sedangkan untuk harga tiketnya, Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini memberikan masukan agar tidak sampai satu juta rupiah.

“Di sini sudah ada kereta api dan bus malam, sehingga kita minta nanti harganya bisa disepakati jangan terlalu mahal. Batas amannya jangan sampai satu juta, kisaran delapan ratus hingga sembilan ratusan saya kira masih masuk,” lanjut Bupati.

Baca: Bandara Ngloram Blora Direncanakan Terkoneksi dengan Stasiun Kereta

Sementara itu, Senior Manager Citilink, Rahmakika Rahardiasari, menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembukaan penerbangan pada akhir Oktober nanti.

“Kami siap untuk membuka penerbangan di Kabupaten Blora ini. Pesawatnya memakai ATR-72 dahulu. Rencananya sesuai permintaan Pak Bupati, untuk seminggu dua kali setiap Senin dan Jumat. Harganya akan kita sepakati bersama, agar tidak memberatkan kedua belah pihak baik Citilink maupun calon penumpang,” ujar Rahmakika.

Baca: Gubernur Setuju Nama Bandara Ngloram Blora Diubah Jadi Abdurrahman Wahid

Pihak Citilink menurutnya segera akan menyiapkan surat permohonan pembukaan jalur penerbangan ke Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, Kepala Bandara Ngloram Ariadi Widiawan, menyampaikan bahwa saat ini kondisi lapangan telah siap untuk penerbangan komersial.

“Landasan 1.600 meter sudah mantap dan beberapa kali uji coba. Sedangkan terminal sudah jadi, dan penataan halaman serta akses jalan masuk tinggal penyelesaian. Pertamina juga sudah siap menyediakan pengisian bahan bakar pesawat di bandara. Hanya tinggal penataan interior terminal saja. Insyaallah akan siap tancap gas 29 Oktober,” jelas Ariadi.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...