Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemerintah Siapkan Strategi Cegah Lonjakan Kasus Setelah Libur Nataru

Ilustrasi Ibadah Natal di salah satu gereja di Kabupaten Blora. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah menyiapkan strategi untuk mencegah adanya lonjakan kasus setelah libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Itu diungkapkan Koordinator Penanganan Covid-19 Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan.

“Dalam waktu dekat ini, kita semua akan dihadapkan pada libur Natal dan Tahun Baru. (yang mana) Peningkatan kasus sering terjadi setelah adanya acara keagamaan dan libur panjang,” kata Luhut dikutip MURIANEWS, dalam konfrensi pers secara virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Gereja-Gereja di Blora Bakal Rayakan Natal Secara Daring

Dalam kesempat itu, Luhut mengungkapkan arahan Presiden dalam rapat terbatas. Di mana, Presiden meminta semua menterinya untuk segera mementukan strategi dalam menghadapi nataru.

Untuk menghadapi itu, Luhut mengatakan akan mengoptimalkan vaksinasi pada lansia. Terutama pada daerah atau wilayahh aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan perekonomian.

“Untuk mengantisipasi itu, peningkatan vaksinasi lansia perlu dikejar. Terutama untuk wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan perekonomian, sehingga tidak terjadi gelombang berikutnya,” katanya.

Di kesempatan itu, Luhut juga mengingatkan agar tidak terjadi lepas kendali di situasi seperti ini. Di mana, capaian penanganan Covid-19 telah mengalami perbaikan. Pihaknya juga mengingatkan masyarakat untuk tidak terlena dan euforia sehingga lepas kendali dan terjadi lonjakan kasus atau keburukan lainnya.

“Saya mengajak masyarakat untuk tidak terlena dalam kondisi hari ini sehingga lupa hingga terjadi keburukan (lonjakan kasus) karena kelalian kita,” ujarnya.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...