Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Abrasi Pantai, Polres Pati Mageri Segoro Margoyoso

Jajaran menanam mangrove di Pantai Margoyoso, Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya abrasi pantai, jajaran Polres Pati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pati, melakukan penanaman mangrove di sepanjang pantai Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Pati, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Polda Jateng dengan tema “Polda Jateng Mageri Segoro” yang kemudian dilaksanakan oleh polres-polres di Wilayah Jateng, termasuk Pati.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, selain untuk mencegah terjadinya abrasi, program ini juga untuk membangkitkan kembali ekosistem di sekitar pantai.

“Kita lihat sendiri, masih banyak areal pantai yang belum ditanami mangrove. Padahal ini sangat potensial untuk keberlanjutan ekosistem laut,” katanya.

Baca: Taman 1 Juta Mangrove, Polda Jateng Mageri Segoro Pecahkan Rekor MURI

Sementara ke depan, penanaman pohon mangrove ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan pariwisata. Sehingga, lambat laun perekonomian warga sekitar juga turut terangkat.

“Jangka panjangnya, ketika wisata mangrove sudah terbentuk juga bisa menopang kebutuhan ekonomi masyarakat. Yakni dengan berjualan ataupun memanfaatkan mangrove bagai panagan olahan lain yang mempunyai nilai jual,” imbuhnya.

Ditargetkan, program mageri segoro ini akan berlangsung hingga Desember mendatang. Sasarannya adalah wilayah pantai di Bumi Mina Tani yang rawan terjadi abrasi.

“Ribuan pohon mangrove sudah kami siapkan. Jadi, dalam kurun waktu tersebut, program Mageri Segoro kami harapkan dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...