Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Empat Kios di Pantai Kartini Rusak Tertimpa Pohon Besar

Pohon besar yang tumbang di Pantai Kartini Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Hujan yang disertai angin lisus menerjang wilayah Pantai Kartini, Jepara, Senin (11/10/2021). Akibatnya, pohon-pohon besar di kawasan tempat wisata itu tumbang, dan menimpa sejumlah kios.

Manajer Pantai Kartini Joko Wahyu S mengatakan, ada lima  titik pohon besar yang tumbang di kawasan Pantai Kartini. Pohon-pohon itu menimpa tiga kios semi permanen dan satu kios permanen di kawasan wisata tersebut.

Selain itu, pohon juga sempat menutup akses jalan, merusak pagar, juga beberapa fasilitas di objek wisata Pantai Kartini.

”Kerusakan paling parah terlihat pada tiga kios semi permanen dan satu kios permanen. Selain gedung, lampu-lampu taman juga mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon,” katanya, Selasa (12/10/2021).

Kondisi kios di Pantai Kartini rusak tertimba pohon tumbang. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

Joko mengaku masih beruntung dalam kejadian itu. Sebab, pohon beringin terbesar di area itu tidak ambruk menimpa bangunan pelabuhan.

Diketahui, pohon itu berada persis di pagar yang membatasi are Pantai Kartini dan Pelabuhan RA Kartini.

“Kami sedang melakukan inventarisasi. Selanjutnya akan kita laporkan kepada pimpinan dan evaluasi. Termasuk akan memotong pohon yang sudah berusia dan  berisiko tumbang,” ujarnya.

Baca: Pohon-Pohon Besar di Pantai Kartini Bertumbangan Dihajar Lisus

Hujan dengan angin cukup kencang yang terjadi Senin (11/10/2021) malam mengakibatkan pohon-pohon besar di Pantai Kartini tumbang. Akibatnya, sejumlah fasilitas umum dan kios-kios pedagang rusak parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Arwin Nor Isdiyanto, menyebut peristiwa itu terjadi pukul 18.15 WIB. Tak hanya di area Pantai Kartini, lisus juga melebar sampai Kelurahan Demaan RT 03/RW 01, Kecamatan Jepara.

“Hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon kersen ambruk. Tidak ada korban jiwa,” kata Arwin, Selasa (12/10/2021).

Hingga siang ini, pengelola Pantai Kartini dan pemilik kios masih melakukan pembersihan akibat peristiwa tersebut. Mereka kerja bakti untuk menyingkirkan batang-batang pohon yang masih menimpa atap kios dan fasilitas umum.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...