Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Diduga Putus Cinta, Pemuda Karanganyar Nekat Panjat Tower Seluler untuk Bunuh Diri

Pemuda yang nekat panjat tower seluler di Karanganyar berhasil diselamatkan tim SAR gabungan. (Istimewa)

MURIANEWS, Karanganyar – Seorang pemuda berinisial CN (20), warga Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, diduga nekat memanjat tower seluler di utara Waduk Gondang untuk melakukan tindakan bunuh diri, Senin (11/10/2021) malam.

Dugaan sementara, aksi itu dilakukan lantaran hubungannya bersama pujaan hati kandas alias putus cinta. Beruntung, pemuda tersebut berhasil diselamatkan tim SAR gabungan menjelang dini hari.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan, kejadian tersebut bermula pada Senin sore sekitar pukul 17.30 WIB, hubungan korban bersama kekasihnya sedang bermasalah dan diduga berujung pada berakhirnya jalinan kasis keduanya.

“Informasi yang kami terima, diduga CN tidak terima diputus oleh pacarnya dan nekat ingin mengakhiri hidupnya dengan naik tower seluler dan kemudian mau lompat,” ungkap Heru.

Dengan informasi tersebut, pihaknya memperintahkan Koordinator Basarnas pos SAR Surakarta Arif Sugiarto untuk memberangkat satu tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai peralatan SAR vertikal. Setelah melakukan upaya yang cukup lama, korban akhirnya berhasil dibujuk untuk turun.

Proses evakuasi pelaku dilakukan dengan nogosiasi untuk menenangkan kondisi emosinya, setelah kondisi kejiwaannya tenang, satu orang rescuer naik untuk mengevakuasi.

Evakuasi dengan metode lowering rescuer dan korban turun bersamaan atau tandem dengan tali di ketinggian sekitar 20 meter. Kondisi pelaku mengalami kelelahan dan kedinginan setelah beberapa jam berada di ketinggian.

“Setelah upaya evakuasi, pelaku selanjutnya dibawa pihak keluarga. Dengan berhasilnya evakuasi pelaku maka operasi SAR dinyatakan selesai dan tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing,” pungkas Heru.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...