Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penerbangan Internasional Dibuka, Ini Syarat WNA Masuk ke Indonesia

Ilustrasi kedatangan Warga negara asing (WNA) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Antara)

MURIANEWS, Jakarta – Penerbangan Internasional mulai dibuka kembali melalui tiga pintu bandara, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Nama bandara terakhir baru dibuka pada 14 Oktober 2021 nanti.

Baca juga: 18 Negara Bisa Masuk Indonesia, Singapura Belum Boleh

Meski dibuka, Pemerintah telah menerapkan kebijakan yang ketat bagi Warga negara asing (WNA) yang akan berkunjung di Indonesia. Syarat-syarat syarat tersebut dijelaskan Menko Maritim dan Investasi sekaligus Koordinator Penanganan Covid-19 di Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam siaran pers secara virtual, Senin (11/10/2021), Luhut menjelaskan, WNA yang akan masuk ke Indonesia harus menunjukan hasil negates Rapid Test-PCR yang sampelnya diambil maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Selain itu, WNA harus menunjukan bukti vaksinasi lengkap dosis kedua. Di mana, dosis tersebut maksimal didapatkan 14 hari sebelum keberangkatan. Adapun bukti itu harus ditulis dalam bahasa Inggris selain bahasa asal.

“Menunjukan bukti asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal 100 ribu dollar dan mencakup pembayaran penanggungan Covid-19. Kemudian menunjukan bukti konfirmasi pembayaran akomodasi selama di Indonesia,” kata Luhut.

Setelah masuk ke Indonesia juga diwajibkan untuk melakukan proses karantina selama lima hari. Kebijakan itu juga berlaku bagi WNI yang selama ini berada di luar negeri.

Di kesempatan itu, Luhut menjelaskan ada 18 negara yang bisa masuk ke Indonesia. Yakni negara yang berada di level 1 dan level 2 dengan positivity rate di bawah 5% menurut WHO. Kedatangan dari Singapura masih belum dibolehkan, karena belum memenuhi standar WHO.

Pada evaluasi pekan lalu (4/10/2021), Luhut sempat menyebutkan sejumlah negara yang diperbolehkan untuk masuk ke Indonesia antara lain Korea Selatan, China, Jepang, Abu Dhabi, Dubai, dan New Zealand.

Kemudian, jalur masuk para perjalanan internasional, RI membuka tiga pintu masuk. Selain dari udara, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Pemerintah juga membuka dari jalur laut dan darat.

Pintu masuk melalui jalur laut terdapat tiga pelabuhan, yaitu Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Pinang, dan Pelabuhan di Nunukan. Sementara, jalur masuk darat bagi perjalanan internasional juga terdapat tiga pintu, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Entikong, dan Motaain.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...