Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nila Salin Jadi Andalan Pati di Investment Callenge 2021

Tim penilai Investment Challenge saat bertemu dengan Bupati Pati Haryanto. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) melaui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyelenggarakan Investment Challenge (IC) 2021. Kabupaten Pati dalam hal ini mengangkat ikan nila salin sebagai proyek investasi berkelanjutan yang diikutkan dalam IC 2021 tersebut.

Tantangan dalam IC 2021 itu adalah untuk mengembangkan program unggulan di masing-masing kabupaten/kota yang mempunyai nilai investasi jangka panjang.

Setelah dilakukan penilaian, mulai dari tahap profil kemudian verifikasi lapangan, nila salin berhasil masuk sebagai peserta finalis IC.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, penilai IC 2021 sudah melakukan verifikasi lapangan terkait pembenihan ikan nila salin. Hasilnya juga cukup memuaskan.

“Kita (pembenihan nila salin) berhasil menjadi finalis IC 2021. Ini suatu kebanggaan, apalagi pembenihan nila salin ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat daerah Pati utara,” katanya, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, budidaya ikan nila salin di Pati ini juga sudah banyak dilakukan oleh masyarakat, sehingga kualitasnya sudah terbukti. Nila salin ini adalah proses pengadaptasian ikan terhadap media air.

“Nila ini kan jenis ikan air tawar. Tapi kalau masyarakat wilayah pesisir, kadar airnya kan tidak 100 persen tawar, ada air payau. Nah, nila salin ini adalah ikan nila yang diadaptasikan di air payau. Hasilnya ternyata bagus juga,” ujarnya.

Sehingga, nila salin ini juga mempunyai daya tawar investasi yang cukup tinggi. Hal itu didukung dengan wilayah pertambakan yanh juga cukup luas.

“Proyek Pengembangan ikan nila salin adalah salah satu proyek unggulan Pati yang menawarkan keuntungan kepada investor dan pemerintah daerah. Oleh karena itu, Pemkab Pati berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi para calon investor. Come and Invest in Pati,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...