Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pantai Tanggultlare Jepara Ditanami Ribuan Mangrove

Penanaman pohon mangrove di Pantai Tanggultlare Kecamatan Kedung Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kondisi Pantai Tanggultlare, Kecamatan Kedung, Jepara cukup memprihatinkan. Pasalnya, pantai yang jarang dijamah masyarakat itu kerap terjadi abrasi.

Melalui program “Mageri Segara”, Polres Jepara Selasa (12/10/2021) hari ini menanam pohon mangrove di Pantai Tanggultlare.

Selain polisi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jepara juga ikut menanam mangrove. Begitu juga dengan aktivis lingkungan yang berasal dari kampus dan komunitas-komunitas pecinta alam.

Kapolres Jepara AKBP Warsono menyebut, target penanaman mangrove sampai Desember 2021 mendatang sebanyak 70 ribu pohon. Tak hanya di Pantai Tanggultlare, nantinya mangrove juga akan ditanam di banyak titik pesisir Jepara.

“Ini bertahap penanamannya. Mudah-mudahan tercapai. Lokasi (penanaman mangrove, red) yang lain nanti kita lihat, terutama wilayah pesisir yang rawan abrasi,” kata Warsono.

Baca: Polda Jateng Targetkan Tanam Satu Juta Mangrove di Pesisir Jawa Tengah

Melalui penanaman ini, lanjut Warsono, diharapkan bisa melindungi daratan Jepara dari ancaman abrasi. Terutama ketika musim hujan atau ketika terjadi ombak besar.

“Ini upaya untuk melestarikan ekosistem wilayah perairan laut. Melalui program (Mageri Segara, red) ini diharapkan bisa menjaga kelestarian lingkungan pesisir dari ancaman abrasi,” ucap Warsono.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara, Pratikno, mengingatkan supaya mangrove yang sudah ditanam harus dipikirkan cara perawatannya. Sebab, ia menilai sejauh ini mangrove-mangrove hanya ditanam, tapi tidak dirawat secara berkelanjutan.

“Jadi percuma kalau kita tanam terus tapi tidak kita rawat. Yang penting itu tindakan setelah penanamannya. Mangrove harus dipastikan hidup dengan baik,” tandas Pratikno usai ikut menanam mangrove di Pantai Tanggultlare.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...