Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lagi-Lagi, Puluhan Ribu Rokok Bodong Diamankan di Kalinyamatan Jepara

Rokok bodong yang berhasil diamankan Bea Cukai Kudus. (MURIANEWS/Faqih Mansut Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Peredaran rokok ilegal atau tanpa cukai di Jepara sepertinya tak ada matinya. Sebab, sudah berulang kali Bea Cukai Kudus mengamankan peredaran rokok itu di wilayah itu-itu saja, yakni dari wilayah Kalinyamatan.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kabupaten Kudus, ‎Gatot Sugeng Wibowo, mengatakan pihaknya kembali mengamankan rokok tanpa pita cukai pada Minggu (10/10/2021) lalu. Tepatnya di Kecamatan Kalinyamatan, Jepara. Pengamanan ini bermula dari pengintaian intelnya.

Gatot menerangkan, operasi itu dilaksanakan sekitar pukul 04.00 WIB. Dari hasil analisis intelijen Bea Cukai Kudus mendeteksi adanya minibus pengangkut rokok yang diduga ilegal di wilayah Kalinyamatan, Jepara.

“Tim Inteldak Bea Cukai Kudus pun segera melakukan penyisiran di Jalan Margoyoso-Damarjati,” kata Gatot, Selasa (12/10/2021).

Baca: 9,6 Juta Rokok Bodong Disita Bea Cukai Kudus, Jika Dijual Nilainya Segini

Sekitar pukul 05.30 WIB, tim berhasil menemukan titik lokasi minibus tersebut yang kedapatan sedang melaju dari Desa Pendosawalan ke arah Desa Damarjati. Kemudian, tim langsung melakukan penindakan dengan menghentikan dan melakukan pemeriksaan.

Baca: Intel Cekatan, Hampir Sejuta Rokok Bodong Diamankan di Jepara

Dari penindakan yang dilakukan, lanjt Gatot, diperoleh bukti sebanyak 88.000 batang Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT) seberat 148 kg.

Yaitu rokok jenis SKM sigaret kretek mesin (SKM) yang diduga ilegal dengan perkiraan total nilai barang sebesar Rp 90.576.000. Dengan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan senilai Rp 59.524.416.

“Seluruh barang bukti berupa rokok, minibus, beserta sopir berinisial MZ (34) dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Gatot.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...