Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

INFO: Stok Darah di PMI Kudus Melimpah

PMI Kudus menggunakan bus untuk kegiatan donor darah. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus menginformasikan stok darah yang kini cukup melimpah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus Rabu, (12/10/2021). Ratusan stok darah dengan berbagai jenis golongan darah tersedia.

Stok darah itu bisa dimanfaatkan bagi yang saat ini tengah membutuhkannya untuk transfusi darah.

Humas UDD PMI Kudus Praptiningsih mengatakan, stok darah secara keseluruhan ada 330 kantong.

Ia merincikan, golongan darah O memiliki stok yang paling banyak, yakni 129 kantong. “Stok golongan darah O jenis WB/PRC ada 124 kantong, dan jenis darah TC ada lima kantong,” katanya.

Baca: Terseret 50 Meter, Pasutri Meninggal Dihantam KA Gajayana di Sragen

Kemudian, golongan darah B memiliki stok sebanyak 111 kantong. Dengan rincian jenis darah WB/PRC sebanyak 106 kantong, dan jenis darah TC ada sebanyak lima kantong.

“Untuk golongan darah A ada sebanyak 73 kantong. Sebanyak 71 kantong itu jenis darah WB/PRC, dan dua kantong itu jenis darah TC,” ujarnya.

Baca: Duh! Kematian Ibu dan Bayi di Kudus Tinggi

Meski demikian, dari ketersediaan stok darah tersebut, stok darah AB memliki jumlah yang paling sedikit, yakni 17 kantong. “Satu kantong di antaranya jenis darah TC,” ungkapnya.

Meski stok melimpah, PMI Kabupaten Kudus masih memberikan pelayanan jemput bola dengan membuka pelayanan donor darah di berbagai titik. Pelayanan donor darah di Kantor PMI setiap harinya tetap buka, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Hari ini kami layani donor darah sampai pukul 15.00 di Djarum Kaliwungu,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...