Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kubah Makam Habib Ja’far Alkaff Kudus Diresmikan Bupati

Peresmian kubah makam Habib Ja’far Alkaff. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kubah makam Habib Ja’far bin Muhammad Alkaff yang berada di dalam kompleks makam muslim Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus telah diresmikan, Senin (11/10/2021) sore.

Makam ulama kharismatik asal Kota Kretek itu, dipercantik dengan desain atap kubah berukuran 9×10 meter yang berdiri di kompleks lahan 7×8 meter yang sudah ditata rapi.

Tujuh saka penyangga yang dihiasi ukiran juga menambah kesan estetik.

Peresmian kubah makam tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh tokoh ulama KH Arifin Fanani dan Bupati Kudus HM Hartopo.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma dan Dandim Letkol Kav Indarto juga hadir dalam peresmian tersebut.

Hartopo mengatakan, peresmian kubah hingga pencanangan nama jalan beberapa waktu lalu, agar masyarakat bisa tetap mengenang adanya ulama kharismatik seperti Habib Ja’far.

Apalagi, makam tersebut bisa menjadi tujuan destinasi wisata religi.

“Tentunya juga bisa untuk pemberdayaan UMKM masyarakat sekitar hingga membuka lapangan pekerjaan baru. Ini akan sangat bermanfaat sekali nantinya,” ucapnya.

Kubah makam Habib Ja’far Alkaff Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Habib Muhammad Alwi Baagil, ketua panitia peresmian kubah makam mengatakan, di kompleks kubah tersebut bukan hanya terdapat makam Habib Ja’far bin Muhammad Alkaff saja. Melainkan, juga makam keluarga dan beberapa mastersebut

“Di lingkup kubah ada makam keluarga dan orang luar yang ikut kami benahi. Tapi yang kami kijing cuma tiga, milik Bib Ja’far, abahnya Muhammad Alkaf dan milik mbahnya Habib Hamid Alkaf,” katanya.

Diharapkan ke depan makam ulama kharismatik itu bisa menjadi tujuan wisata religi yang ketiga di Kudus. Setelah makam Sunan Kudus, dan Sunan Muria.

Baca: Nama Habib Ja’far Alkaff Dijadikan Nama Jalan di Sebelah Masjid Agung Kudus

Sehingga, sambung dia, otomatis diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan adanya kunjungan para peziarah.

“Sekarang saja mereka (masyarakat sekitar, red) sudah bisa merasakan. Seperti warung-warung sekitar yang bisa mendapat tambahan penghasilan,” ujarnya.

Baca: Cerita Ganjar Dilarang Makan Anggur dan Diberi Sayap oleh Habib Ja’far Alkaff

Apalagi, lanjut dia, Pemerintah Desa Ploso juga membangun jalan dengan lebar sekitar satu meter dan panjang 50 meter dari arah barat makam khusus ke arah makam Habib Ja’far. Pihaknya dan pihak keluarga sendiri sangat berterimakasih adanya akses jalan khusus yang dibangunkan dari pemerintah desa.

“Kami sambut baik pembuatan akses jalan itu, dan kami sangat berterima kasih,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor; Ali Muntoha

Comments
Loading...