Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di Pasar Minggu Wage Desa Menawan Ada Nasi Jagung

Ketua TP PKK Kudus, Mawar Hartopo membeli makanan khas Menawan yang dijual di Sarguge Menawan.(MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Desa Menawan menggelar Pasar Minggu Wage (Sarguge) bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) setempat, Minggu (10/10/2021). Pasar yang digelar di kawasan Sendang Widodari itu, merupakan kolaborasi UMKM dengan budaya setempat.

Berbagai jenis makanan hingga buah-buahan lokal disajikan dipasar tersebut. Mulai getuk, wedang rempah, nasi jagung, alpukat, hingga jambu citra. Beberapa pertunjukkan juga digelar di lokasi tersebut, mulai melukis langsung, kegiatan seni, hingga rebana.

Koordinator Lapangan Sarguge, Alif Mulyono mengatakan, ‘Sarguge’ digelar bertujuan untuk memberdayakan UMKM melalui unsur pariwisata dan budaya sekitar. Sehingga para pelaku UMKM bisa lebih mengembangkan produk-produk lokal yang dihasilkan.

“Pelaku Seni di Menawan juga kami rangkul untuk menyemarakkan Sarguge. Disini, yang menjual makanan dan buah-buahan khas seperti, nasi jagung, sup gedek, nasi jangkrik, gedang byar, hingga jambu citra,” katanya, Minggu (10/10/2021).

BACA JUGA: Pasar Rakyat Kudus Mulai Dipenuhi Pedagang, Pembeli Berdatangan

Tak hanya itu, melalui sarguge masyarakat juga dikenalkan dengan sejumlah kesenian dan kebudayaan yang ada di Desa Menawan.

“Sebelumnya sudah ada agenda tradisi rutinan di Sendang Widodari satu tahun sekali. Tapi biasanya setelah kegiatan selesai, ya sudah. Dan adanya ini kami harapkan tradisi, seni dan budaya desa menawan bisa tetap dilestarikan,” imbuhnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo sangat mengapresiasi inovasi produk lokal yang tersaji di Sarguge. Pasalnya, Desa Menawan sendiri mempunyai segudang potensi unggulan lokal yang bisa digali dan terus dikembangkan.

“Harus dikembangkan terus dengan ide-ide kreatif dan inovasi yang bisa menarik wisatawan untuk datang dan otomatis juga akan meningkatkan perekonomian warga lokal,” ucapnya.

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Budi erje

Comments
Loading...