Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Alhamdulillah, Pemerintah Arab Saudi Membuka Ibadah Umrah Indonesia

Ilustrasi pembukaan ibadah umrah untuk Indonesia. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia. Itu disampaikan Kedutaan Arab Saudi di Jakarta melalui nota diplomatik yang keluarkan pada Jumat (8/10/2021).

Kabar tersebut kemudian diumumkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui siaran tertulisnya di Kemlu RI, Sabtu (9/10/2021).

“Setelah melalui pembahasan yang cukup lama, baik pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan juga Menteri Agama, dan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik,” kata Menlu Retno Marsudi dalam siaran tertulis dikutip MURIANEWS, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Kemenag Kudus Tak Tahu Jumlah Jemaah Umroh yang Gagal Terbang ke Tanah Suci

Dijelaskan, dalam nota diplomatik tersebut disebutkan saat ini, Komite Khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja untuk meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umroh Indonesia melakukan ibadah.
Dalam nota diplomatik juta disebutkan kedua pihak telah melakukan tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis pelaksanaan ibadah umrah. Di mana, dalam teknis itu menjelaskan terkait dengan informasi vaksinasi jemaah umrah dan fasilitasi proses masuknya jemaah.

“Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” kata Menlu.

Saat ini, Kementerian Luar Negeri terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini.
“Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama. Sebagaimana teman-teman ketahui bahwa pertemuan saya terakhir dengan Menteri Luar Negeri Saudi Arabia terjadi di sela-sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York,” ujarnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...