Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Akun Instagram Pemkot Solo Dinonaktifkan

Tampilan instragram Pemkot Solo saat diretas. (Solopos.com)

MURIANEWS, Solo – Akun Instagram resmi Pemkot Solo @pemkot_solo akhirnya dinonaktifkan. Hal itu dilakukan diduga berkaitan aksi peretasan orang tak bertanggung jawab sejak Jumat (8/10/2021).

Akun centang biru milik Pemkot Solo itu juga sudah tak bisa ditemukan dalam pencarian Instagram. Sebelum itu, konten berupa video yang menayangkan primata berjoget sempat terunggah di akun tersebut.

Pemkot Solo sebelumnya telah mengumumkan akun tersebut kembali normal mulai Sabtu Pukul 09.50 WIB. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, sebelum pengumuman itu, juga mengkonfirmasi akun tersebut diretas atau kena hack pihak tak bertanggungjawab sejak Jumat (8/10/2021) sore.

Baca: Akun IG Pemkot Solo Diretas, Email dan Password Diganti

Mengutip Solopos.com, belum ada keterangan resmi dari pihak Pemkot Solo mengenai penonaktifan akun Instagram tersebut. Namun, beredar pengumuman di grup WhatsApp jurnalis di Kota Solo yang diketahui bertugas di bagian Humas dan Protokol Pemkot Solo.

“PENGUMUMAN. Akun Instagram Pemkot_solo untuk sementara dinonaktifkan untuk pengamanan lebih lanjut. Terimakasih,” tulis PNS tersebut.

Penonaktifan akun merupakan salah satu fitur yang bisa diakses pengguna. Fitur ini hanya bisa dilakukan melalui komputer atau browser selular. Instagram memberikan pilihan ini disertai alasan penutupan akun.

Seperti diketahui, lebih dari 17 jam akun resmi Instagram Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, @pemkot_solo diretas atau kena hack. Selama diretas, follower atau pengikut akun bercentang biru ini bertambah 1.900.

Baca: Soal Akun Instagram Pemkot Solo Diretas, Begini Kata Gibran

Sang hacker menguasai akun Instagram Pemkot Solo ditandai dengan unggahan-unggahan yang tak biasa dilakukan admin akun tersebut. Konten-konten aneh mulai bermunculan, Jumat malam sekitar Pukul 22.40 WIB.

Saat itu, follower akun bercentang biru itu tercatat 36K alias 36 ribu. Sementara versi Pemkot Solo, akun Instagram mereka mulai tak bisa dikendalikan sejak Jumat sore.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan kronologi akun Instagram Pemkot Solo mulai dikuasai hacker, sejak Jumat Pukul 16.29 WIB.

“Kami informasikan bahwa Akun @pemkot_solo saat ini sedang mengalami Hacking dan sedang dalam proses pemulihan,” terang Gibran kepada wartawan melalui grup WhatsApp, Sabtu pagi.

Peretasan itu, lanjut Gibran, telah dilaporkan ke pihak Facebook selaku pemilik platform Instagram. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengatakan peretas mengganti email akun Instagram sehingga admin tak bisa masuk untuk mengambil kendali.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...