Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Muncul 59 Kasus Covid-19 di PON XX Papua

Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes. (PB PON XX Papua)

MURIANEWS, Jayapura- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, masih terus dibayangi kasus covid-19. Perkembangan terakhir menyebutkan kasus covid-19 di arena PON XX Papua, sudah mencapai 59 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) menyatakan hal ini, pada Sabtu (09/10/2021). Kasus sebanyak itu melibatkan atlet dan official dari beberapa kontingen PON XX Papua 2021.

Kasus ini diketahui setelah dijalankan penjaringan melalui test PCR yang dilakukan terhadap mereka yang akan turun ke gelanggang pertandingan. Selain itu juga ada yang terjaring saat akan bersiap meninggalkan Papua setelah menyelesaikan pertandingan.

BACA JUGA: 28 Orang Terpapar Covid-19 di PON XX Papua

Ke-59 kasus tersebut ditemukan di klaster-klaster PON XX Papua. Dari Kota Jayapura ada 17 kasus, Kabupaten Jayapura 17 kasus, Mimika 14 kasus, dan Merauke 11 kasus. Dari jumlah ini sebanyak 10 orang sudah dinyatakan sembuh, masing-masing 2 orang di Kota Jayapura dan 8 orang di Mimika.

Sementara yang lain sedang menjalani isolasi mandiri karena kondisinya tak bergejala. Isolasi dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan yang sudah dipersiapkan untuk antisipasi kasus covid-19 yang muncul di arena PON XX.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes mengatakan penanganan yang dilakukan terkait kasus ini sudah berjalan dengan baik. Sejauh ini, tracing terhadap sejumlah orang yang kontak erat dengan mereka juga sudah dilakukan dan menunjukkan hasil yang baik.

“Jadi saya minta tolong media tidak terlalu membesar-besarkan soal Covid di ajang PON XX Papua. Apalagi ini kasus kecil. Kita di Papua beberapa bulan lalu pernah sampai kasus harian mendekati 1.000 kasus saja kita bisa lewati. Apalagi ini hanya 20-an kasus di empat klaster. Saya sudah komunikasi, mereka sedang jalani isolasi, ada yang sudah sembuh. Yang kontak erat dengan mereka juga sudah kita test PCR, hasilnya negatif semua,” kata Robby Kayame, Sabtu (09/10/2021).

Menurut Robby, yang paling penting dari itu ialah seluruh masyarakat Papua yang datang menyaksikan pertandingan di semua venue harus menaati protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Prosedur ini harus dijalankan di empat klaster penyelenggaraan PON XX Papua, masing-masing Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

“Kalau syarat utamanya kan harus sudah vaksin dua kali dan ditunjukkan dengan bukti kartu vaksin. Karena itu, kami minta seluruh panitia pelaksana di setiap cabang olaharaga agar tetap konsisten pada aturan itu,” tegas Robby.

“Hanya yang sudah vaksin dua kali yang boleh masuk menonton pertandingan. Dan kapasitas ruangan hanya boleh 50 persen terisi, dimana tempat duduk juga harus diatur jaraknya,” tambahnya.

Penulis: S Budi Santoso
Editor: S Budi Santoso
Sumber: PB PON XX Papua

Comments
Loading...