Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Soal Akun Instagram Pemkot Solo Diretas, Begini Kata Gibran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Instagram/@gibran_rakabuming)

MURIANEWS, Solo – Kasus peretasan akin resmi instagram Pemkot Solo @pemkot_solo yang terjadi sejak semalam ditanggapi serius Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Orang nomor satu di Kota Begawan itu mengaku sudah melayangkan laporan ke Facebook terkait dengan peristiwa tersebut.

Gibran pun menyebut peretasan akun Instagram resmi Pemkot Solo ini baru pertama kali terjadi. Sampai saat ini, akun Instagram itu belum juga pulih.

“Ini baru pertama kali terjadi, belum kembali normal. Emailnya diubah ternyata,” tuturnya seperti dikutip Detik.com.

Baca: Akun IG Pemkot Solo Diretas, Email dan Password Diganti

Gibran menyampaikan peretas mengubah tampilan Instagram resmi Pemkot Solo dengan sejumlah foto acak maupun meme. Ada juga kode-kode gim online yang diunggah di akun tersebut.

“Foto-fotonya random, ada The Rock, iya ada (kode game). Wes tekne sik waelah (sudah biarkan saja) yang penting sudah saya laporkan tenang saja,” ucapnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini pun menyarankan jika warga yang ingin melihat agenda Pemkot Solo bisa melihat di akun instagram pribadinya.

“Kalau ingin melihat agenda Pemkot lihat akun saya, tidak apa-apalah untuk pelajaran kita juga agar lebih berhati-hati,” terang dia.

Baca: Tiga Pejabat Pemkot Solo Jadi Korban Pemerasan, Salah Satunya Mantan Ajudan Jokowi

Sebelumnya, akun Instagram resmi Pemkot Solo, @pemkot_solo diretas sejak tadi malam. Terlihat peretas mengunggah sejumlah foto dan story meme maupun iklan internet sekitar pukul 23.00 hingga 01.00 WIB.

Salah satunya muncul gambar aktor sekaligus pegulat Dwayne Johnson alias The Rock dengan keterangan “sus”. Di gambar lain ada buah apel berwajah sinis.

Ada juga video iklan penyedia internet Indihome yang diunggah di story Instagram. Unggahan lainnya berupa video-video lucu, seperti orang terjatuh saat bermain papan seluncur.

Tidak jelas siapa yang meretas akun Instagram Pemkot Solo. Namun di beberapa unggahan terdapat tulisan @chinahackermemes.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...