Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kandang Milik Anggota DPRD Pati Terbakar, 62 Ribu Ayam Hangus

Kebakaran melanda kandang ayam milik anggota DPRD Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sekitar 62 ribu ekor ayam pedaging siap panen milik Suwito, warga Desa Karaban RT 01 RW 06 Kecamatan Gabus, Pati, ludes terpanggang. Hal itu lantaran kandang ayam milik anggota DPRD Pati itu terbakar.

Penyebabnya diduga karena hubungan arus pendek listrik, sehingga memicu kebakaran dan menghanguskan seluruh isi kandang

Kasatpol PP Pati Sugiyono mengatakan, kebakaran itu terjadi Jumat (9/10/2021) malam tadi. Saat itu, di wilayah tersebut memang habis diguyur hujan.

Namun, tiba-tiba muncul api dari kandang milik Suwito. Warga yang melihat pun langsung mendatangi lokasi yang berada antara sawah-sawah perbatasan Desa Wuwur, Kecamatan Gabus.

“Karena ada yang melihat apinya membesar, salah seorang warga langsung menghubungi kami. Anggota kami pun langsung menuju lokasi dengan membawa empat truk pemadam kebakaran,” katanya, Sabtu (9/10/2021).

Sampai di lokasi, api sudah besar dan sudah hampir menghanguskan semua sisi kandang. Kemudian datang juga bantuan mobil damkar lain dari Garuda, PMI Pati dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pati.

“Atas bantuan dari berbagai elemen, api berhasil kami padamkan pada pukul 00.45 WIB. Saat itu, ayam yang ada di dalam kandang, sebagian besar hangus terbakar. Namun ada juga yang keluar sebelum kebakaran semkakin membesar, tetapi jumlahnya sedikit,” terangnya.

Baca: 65 Kebakaran di Grobogan Ciptakan Kerugian Rp 8,2 Miliar

Atas kejadian itu, kerugian yang diderita korban ditaksir mencapai Rp 2,5 miliar. Jumlah tersebut lantaran kandang ayam yang ludes terbakar dan sebanyak 62 ribu ekor ayam siap panen turut terpanggang did alamnya.

Sementara korban, Suwito yang merupakan Ketua Fraksi PPP DPRD Pati itu mengaku tidak mengetahi persis musibah yang menimpanya tersebut. Sebab, pada saat kejadian ia baru pulang dari Cirebon.

” Pulang dari Cirenon, sampai Demak ada telepon kalau kandang ayam saya terbakar. Ada 62 ribu ayam yang seminggu lagi siap panen,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...