Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Air Terjun Pengantin, Lokasi Piknik Gratis di Kudus yang Masih Alami

Pengunjung menyambangi Air Terjun Pengantin di Desa Piji, Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus memiliki daya tarik wisata yang masih alami. Wisata itu bernama Air Terjun Pengantin.

Lokasi Air Terjun Pengantin itu berada di Dukuh Bakaran, Desa Piji. Untuk menuju ke sana, dapat ditempuh menggunakan sepeda motor.

Pengamatan MURIANEWS, untuk menuju ke Air Terjun pengantin ini harus dilalui cukup berhati-hati. Sebab, akses menuju ke sana tergolong curam. Akses jalannya hanya dapat dilalui dengan sepeda motor. Hal baiknya, akses jalan itu telah dicor.

Namun itu semua akan terobati ketika sampai di lokasi. Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter itu menyuguhkan suasana dan pemandangan yang benar-benar asri.

Baca: Gowes ke Air Terjun Kedung Gender Kudus, Murah Meriah Bikin Ketagihan

Ada dua atau sepasang air terjun di tempat ini. Hal ini mungkin yang mendasari penamaan tempat wisata tersebut.

Pengunjung yang hendak menyambangi air terjun ini tidak dipungut biaya.

Salah seorang pengunjung asal Kudus, Dhani mengaku senang dengan keindahan Air Terjun Pengantin. Menurutnya, keadaan alam sekitar belum terjamah dan asri.

“Baru tahu sih kalau ada air terjun ini. Suasananya masih asri,” katanya, Sabtu  (9/10/2021).

Baca: Kudus Level 3, Bupati Tetap Izinkan Wisata Buka

Terpisah, Sekretaris Desa Piji, Jumain mengatakan potensi wisata Air Terjun Pengantin di desanya belum dimaksimalkan secara utuh. Pemerintah desa berencana mengembangkan air terjun itu menjadi salah satu wisata andalan.

“Memang ada rencana untuk mengembangkan. Tetapi biayanya besar. Jadi untuk saat ini kemungkinan belum bisa dikembangkan. Kami mempertimbangkan keuangan desa dulu,” katanya.

Ditanya soal nama air terjun pengantin tersebut, menurut Jumain tidak lepas dari posisi air terjun yang ada dua.

“Kalau cerita lengkapnya soal Air Terjun Pengantin ini saya kurang tahu. Tetapi letak air terjunnya bersebelahan. Kemudian dikenal dengan nama Air Terjun Pengantin,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...