Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Akun IG Pemkot Solo Diretas, Email dan Password Diganti

Tampilan instragram Pemkot Solo saat diretas. (Solopos.com)

MURIANEWS, Solo – Akun Instagram resmi milik Pemkot Solo @pemkot_solo diretas atai di-hack orang tak bertanggung jawab sejak Jumat (8/10/2021) malam.

Dalam retasan tersebut, sang hacker mengunggah 16 konten tak biasa di laman tersebut. Salah satunya adalah video menampilkan sosok pegulat profesional Dwayne Johnson alias The Rock.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi pimpinan (Prokopim) Setda Kota Solo, Wahyu Kristina mengonfirmasi akun resmi Pemkot Solo tersebut diretas.

“Akun di-hack, (saat ini) proses pelaporan,” kata Kristina seperti dikutip Detik.com, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, peretasan sudah terjadi sejak Jumat (8/10) sore dan sejak berita ini dibuat akun Instagram Pemkot Solo tersebut masih belum pulih. Email pada akun Instagram tersebut sudah diganti oleh peretas.

“Kronologi sejak Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 16.29 akun IG @pemkot_solo terkena hack dan diganti emailnya oleh seseorang sehingga admin resmi sejak saat itu tidak dapat login,” ujarnya.

Selanjutnya, Pemkot Solo telah melaporkan kejadian tersebut kepada Facebook. Pihaknya juga meminta maaf atas kejadian tersebut.

“Saat ini kami sedang memproses laporan ke Facebook selaku pemilik Instagram. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” pungkasnya.

Sementara itu, mengutip Solopos.com, peretas meninggalkan jejak identitas akun @chinahackermemes di penghujung unggahannya, pada ukul 00.23 WIB.

“@chinahackermemes will he posting memes too,” tulis unggahan terakhir saat itu disertai unggahan foto pria dan tulisan Zhong Xina.

Foto ini mirip meme pegulat sekaligus aktor dan prestenter TV Amerika yang mudah didapat melalui pencarian web. Aktor tersebut bernama John Cena. Meme John Cena itu menjadi postingan aneh ke-16 yang terunggah di laman Instagram resmi Pemkot Solo.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak belum memberi tanggapan atas pertanyaan tentang kemungkinan tindakan cyber crime di balik bombardir konten di akun Instagram Pemkot Solo.

Kapolresta Solo hanya menjawab pertanyaan mengenai unggahan konten aneh di Instagram tersebut. “Mungkin bisa ditanyakan langsung aja mas ke admin akun IG Pemkot Solo,” tulis Kapolresta Solo melalui pesan yang diterima Solopos, Jumat malam.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com, Solopos.com

Comments
Loading...