Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penerapan Prokes di Kudus, Poin-Poin Ini Perlu Diperbaiki

Seorang pengunjung mal di Kudus tengah dicek suhunya. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah sektor seperti pendidikan, pariwisata, hingga perdagangan dan industri di Kabupaten Kudus diklaim sudah cukup baik menerapkan protokol kesehatan (prokes). Kendati demikian, masih ada sejumlah poin yang perlu diperbaiki.

Tim Khusus Pengawasan Kebijakan PPKM Kabupaten Kudus, sudah melakukan monitoring di sejumlah sektor itu. Ada sejumlah catatan yang perlu untuk dilakukan evaluasi di tiap sektornya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang juga merupakaan Koordinator Tim Khusus Kholid Seif menyebut ada sejumlah poin yang perlu dilakukan perbaikan.

Dari sektor pendidikan misalnya. Pihaknya memang masih menjumpai sekolah yang belum menerapkan tempat duduk zigzag. Namun setelahnya, sekolah tersebut langsung mengevaluasinya.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan dinas terkait, sementara sekolah keagamaan kami juga berkoordinasi dengan Kementerian Agama,” katanya, Sabtu (9/10/2021).

Baca: Kudus Level 3, Bupati Tetap Izinkan Wisata Buka

Kemudian dari segi pariwisata, Kholid mengatakan jika tim pantau sektor pariwisata memang bergerak di akhir pekan. Tidak memungkiri, Kholid mengatakan banyak lokasi wisata yang ramai dipadati pengunjung.

Beberapa lokasi telah diingatkan untuk membatasi jumlah pengunjung. Selain itu, Satgas pemantau prokes di lokasi pariwisata diharapkan juga bisa aktif untuk mengingatkan wisatawan.

“Kalau untuk sarana prasarana prokesnya sudah lumayan lengkap,” ujarnya.

Baca: Persoalan Ini yang Sebabkan Kudus PPKM Level 3

Sementara di sektor perdagangan dan industri, tambahnya, hal yang menjadi permasalahan adalah di beberapa lokasi masih ditemukan fasilitas tempat cuci tangan yang kurang memadai. Baik dari bentuk maupun lokasinya.

“Ini kami harapkan bisa segera dievaluasi, sehingga pengunjung maupun pekerja kalau cuci tangan bisa enak karena tidak terlalu jauh dan fasilitasnya juga memadai,” kata dia.

Pihaknya pun mengajak semua elemen di Kota Kretek untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tim pantau, juga berharap masyarakat Kudus bisa terus menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Pemerintah daerah, tambah dia, akan berupaya semaksimal mungkin menekan angka penularan dan membentuk kekebalan komunal.

“Oleh karena itu kami berharap masyarakat bisa turut andil di dalamnya. Denga begitu Kudus bisa segera pulih dari Covid-19,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...