Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Intel Cekatan, Hampir Sejuta Rokok Bodong Diamankan di Jepara

Pelaku dan barang bukti rokok ilegal yang diamankan Bea Cukai Kudus di Jepara. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Bea Cukai Kudus Kembali mengamankan rokok bodong di Kabupaten Jepara, berkat kerja intelijen yang cekatan. Lagi-lagi, rokok ilegal yang berhasil diamankan bermuara dari Kecamatan Kalinyamatan.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kabupaten Kudus, ‎Gatot Sugeng Wibowo, mengatakan pengemanan rokok illegal kali ini menggandeng Subdenpom IV/3-2 Pati.

Sugeng menjelaskan, pengamanan tersebut dilaksanakan pada Jumat (8/10/2021) tengah malam. Sebelumnya, intelijen sudah menggali informasi terkait peredaran rokok ilegal di wilayah itu.

Sugeng menyebut, petugas melakukan penyisiran di jalan-jalan Desa Purwogondo, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara.

Kemudian, sebuah minibus warna merah yang teridentifikasi sebagai sarana pengangkut rokok ilegal terparkir di depan sebuah rumah diperiksa, dan kedapatan mengangkut rokok ilegal.

“Pemeriksaan juga dikembangkan ke dalam rumah dan diperoleh rokok-rokok telah dikemas dan siap dikirim yang juga ilegal,” kata Sugeng, Sabtu (9/10/2021).

Dari operasi itu, hampir satu juta batang rokok ilegal diamankan. Tepatnya 906.000 batang rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai atau polosan.

Baca: 9,6 Juta Rokok Bodong Disita Bea Cukai Kudus, Jika Dijual Nilainya Segini

Sedangkan sebagiannya dilekati pita cukai diduga palsu dengan nilai sekitar Rp 926.120.000,00 berhasil diamankan petugas.

Sugeng menyebut, total potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari penindakan ini sebesar Rp 607.309.920,00.

Baca: Juragan Rokok Bodong Diamankan, Satu Truk Rokok dari Jepara Jadi Barang Bukti

Tiga orang yang terlibat yakni RA, IBS, dan ST, beserta kendaraan dan seluruh barang bukti rokok ilegal diamankan ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dimintai keterangan dan diperiksa lebih lanjut.

“Kami selalu mengimbau, jangan sampai menjual rokok ilegal tanpa pita cukai. Karena ada ancaman sanksi pidana penjara 1 sampai 8 tahun, dan denda hingga 20 kali nilai cukai bagi pelanggarnya,” tegas Sugeng.

Sugeng menambahkan, pengurusan izin NPPBKC, untuk memproduksi rokok secara legal, dapat dilakukan di Bea Cukai Kudus secara mudah dan gratis.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...