Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Atlet Billiar Kudus Raih Perak di PON Papua

Rizkha Affandy menujukkan kepiawaiannya bermain biliar. (Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Atlet billiar Jawa Tengah asal Kudus, Rizkha Affandy menyumbangkan medali perak di arena PON XX Papua. Pada nomor sigle 15 bola, pembiliar ini mengalami kekalahan di pertandingan final.

Rizkha Affandy berhasil masuk ke babak final menghadapi atlet biliar asal Sulawesi Selatan, Ismail Kadir, Jumat (8/10/2021) di GOR Biliar, Papua. Namun, perjuangan Rizkha hanya berbuah medali perak. Rizkha kalah 2-6 atas pebilliar Sulawesi Selatan itu.

Wakil Ketua Umum Pengprov POBSI Jateng, Buntat, mengatakan anak asuhnya sudah berjuang maksimal. Meski begitu, Buntat tidak memungkiri jika lawan yang dihadapi Rizkha memiliki ranking yang lebih bagus.

Tak main-main, Rizkha harus menghadapi lawan berlabel atlet Timnas Indonesia yang pernah berlaga di Sea Games 2019. Menurut Buntat, anak asuhnya itu hanya kalah penguasaan bola.

“Sebenarnya mainnya sudah bagus. Baik dari ketelitian, kesabaran, dan fokusnya. Hanya kalah di penguasaan bola. Tetapi memang lawannya ini kualitasnya di atas Rizkha,” katanya, Jumat (8/10/2021).

BACA JUGA: Tidak Ada Seremoni untuk Atlet PON Asal Kudus

Meski hanya meraih medali perak, torehan Rizkha bisa dibilang bagus. Pasalnya di gelaran PON Jawa Barat 2016 lalu Rizkha belum berhasil menyabet medali.

“Artinya ada progres. Karena di PON Jabar 2016 dia tidak dapat medali. Di sini (PON Papua) bisa dapat perak,” terangnya.

Buntat juga membenarkan jika anak asuhnya ini merupakan atlet Kudus. Walaupun memang lahirnya di Pati.

“Dia lahir di Pati tetapi dia atlet Kudus. Untuk evaluasi nanti lebih giat berlatih saja. Karena ketika sudah di sini ya harus fight. Persiapan juga sudah jauh-jauhari kami jalani,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum POBSI Kudus, Pradipta mengaku bangga dengan pencapaian atletnya itu. Dia berharap Rizkha bisa terus berkembang prestasinya.

“Tentunya harus terus berlatih dan tetap semangat di laga selanjutnya,” harapnya.

Di PON XX Papua, Rizkha masih akan berlaga di dua nomor lagi. Diantaranya adalah di nomor ganda 10 bola yang berlangsung pada 9 hingga 11 Oktober 2021. Kemudian berlanjut pada nomor tunggal 10 bola pada 12 sampai 14 Oktober 2021.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...