Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tanpa Kaki Pendaki Rusia Raih Puncak Manaslu Nepal

Gunung Manaslu di Nepal, memiliki ketinggian 8.163 mdpl. Seorang pendaki disabilitas tanpa kaki berhasil meraih puncaknya.(facebook.com/climbmanaslu/photos)

MURIANEWS, Nepal- Perjuangan gigih seorang pendaki disabilitas asal Rusia berhasil menjadikannya sebagai pendaki tanpa kaki yang bisa meraih puncak Manaslu di Nepal. Rustam Nabiev (29), pendaki asal Rusia itu berhasil menginjak puncak Manaslu setinggi 8.163 mdpl.

Keberhasilannnya ini membuat Nabiev ditasbihkan sebagai pendaki pertama yang tidak memiliki kaki, yang berhasil menyentuh puncak gunung Manaslu di Nepal. Pendaki ini melakukannya pada awal Oktober 2021, dan menjadi pembicaraan di kalangan pendaki di Nepal.

Rustam Nadiev, semula merupakan seorang penerjun payung. Sebuah kecelakaan dalam kegiatan terjun payungnya, membuat pria ini kehilangan sepasang kakinya. Namun, nasib buruk yang menimpa tidak membuatnya kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu.

Pendaki dari Ufa, Rusia ini sebelumnya memulai perjalanan dengan ekspedisi kecil yang berlangsung selama 34 hari. Sebelum itu dirinya juga sudah melakukan pendakian di Gunung Elbrus di Rusia.

BACA JUGA: Mendaki Gunung Lagi Ngetren, Jangan Ngaku Pendaki Sejati Jika Tak Punya Ilmu Ini

“Saya banyak berpikir tentang apa yang telah saya capai, dan saya menyadari bahwa saya melakukan sesuatu yang tidak dapat dipercaya. Jauh di lubuk hati saya bahkan tidak dapat mempercayainya,” kata Nabiev saat diwawancarai kantor berita Rusia, Russia 24, sepulangnya mencapai puncak Manaslu.

“Dengan tindakan ini, saya ingin menunjukkan bahwa apa pun dalam hidup ini dapat dicapai hanya melalui tindakan,” tambahnya dengan penuh semangat.

Gunung Manaslu sendiri, adalah gunung kedelapan tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 8.163 meter atau sekitar 26.781 kaki, di atas permukaan laut. Letaknya di Mansiri Himal , bagian dari Himalaya Nepal, yang terletak di bagian barat-tengah Nepal.

Nama Manaslu berarti “gunung roh” dan berasal dari kata Sansekerta manasa , yang berarti “kecerdasan” atau “jiwa”. Manaslu pertama kali didaki pada 9 Mei 1956, oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota ekspedisi Jepang .

Puncak Manaslu merupakan yang tertinggi di Distrik Gorkha dan berjarak sekitar 64 km (40 mil) timur Annapurna.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Tvonenews

Comments
Loading...