Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dituntut Mundur Mahasiswanya, Ini Jawaban Rektor UMK

Prof Dr Darsono, Rektor Universitas Muria Kudus (UMK). (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muria Kudus (UMK) menunut rektornya Prof Darsono untuk mundur dari jabatannya. Rektor dituding telah melanggar sumpah jabatan dan tata kelola di statuta dalam hal pemilihan wakil rector.

Prof Darsono pun buka suara mengenai hal ini. Ia menyatakan untuk dievaluasi kinerja dan kepemimpinannya. Namun ia berharap, proses evaluasi juga diharapkan bisa sesuai dengan kaidah dan regulasi yang ada.

“Hari ini kami juga langsung berkoordinasi dengan yayasan. Namun yang namanya evaluasi tidak sekali langsung diputuskan tidak,” katanya dalam sambungan telepon dengan MURIANEWS, Jumat (8/10/2021).

Pihaknya pun menyampaikan akan membuka pintu selebar-lebarnya untuk mahasiswa, khususnya BEM yang ingin berkomunikasi langsung dengannya. Terutama terkait beberapa hal yang tengah dipersoalkan.

“Kami akan selalu ada untuk mahasiswa. Silahkan bila ingin berkomunikasi langsung dengan kami soal ini,” ujarnya.

Baca: BEM UMK Tuntut Rektor dan Tiga Wakilnya Mundur

Pihaknya pun lebih berharap mahasiswa berkomunikasi dulu dengan jajaran rektorat terkait permasalahan di internal UMK. Bukannya membawa ke ranah luar universitas.

“Namun terlepas dari itu, kami mengucapkan terima kasih pada Pak Bupati Hartopo yang bersedia menjembatani permasalahan ini,” jelas dia.

Baca: Alasan-Alasan Ini yang Bikin BEM UMK Desak Rektor dan Wakilnya Mundur

Diberitakan sebelumnya, BEM UMK menuntut rektor mundur dari jabatannya. Selain rektor, Wakil Rektor I Sulistyowati, Wakil Rektor II Solekhan, dan Wakil Rektor III Joko Utomo juga dituntut mundur dengan sejumlah alasan.

Baca: Ketua Yayasan UMK Angkat Suara soal Desakan Rektor Mundur

Desakan tersebut tertuang dalam surat terbuka BEM UMK pada Rektor dan Pengurus Yayasan Pembina (YP) UMK tertanggal 7 Oktober 2021 kemarin dan rilis yang diterima media Jumat (8/10/2021).

Mereka, juga telah melaksanakan audiensi dengan pengurus yayasan UMK yang dijembatani oleh Bupati Kudus HM Hartopo, di Pendapa Kabupaten, Jumat (8/10/2021).

Dalam audiensi, mahasiswa mengadukan beberapa sikap dari salah satu oknum kampus yang mengintimidasi mereka. Mulai dari pembungkaman aktivitas mahasiswa, hingga perbuatan yang mereka anggap sebagai tindakan pembunuhan karakter.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...