Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sudah Jadi, Dua Pasangan di Brebes Terima KK Nikah Siri

Ilustrasi. (Fimela.com/Gades Photography)

MURIANEWS, Brebes – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Brebes mengaku sudah mendapat dua pasangan nikah siri yang mengajukan permohonan Kartu Keluarga (KK).

Pengajuan tersebut berasal dari Kecamatan Brebes dan Kecamatan Kersana. Dalam pengajuan tersebut, salah satunya merupakan pria beristri, tapi kawin siri dengan wanita lain yang berstatus janda.

Sementara seorang lagi merupakan pria berstatus duda dan wanita berstatus janda.

Kasi Pindah Datang, Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Brebes, Eko Setyawan mengatakan, permohonan KK sudah dilakukan beberapa waktu lalu dan sudah jadi. Bahkan, KK tersebut sudah diterima oleh pemohon.

“Dalam sepakan ini baru dua. Mungkin nanti bakal lebih banyak (pasangan nikah siri) yang mengajukan KK,” kata Eko seperti dikutip Detik.com, Jumat (8/10/2021).

Eko pun membenarkan, salah satu pengaju KK nikah siri tersebut merupakan pria beristri, tapi kawin siri dengan wanita lain yang berstatus janda.

“Yang itu (pria beristri menikah siri) dari Kecamatan Brebes. Sedangkan, pria duda dan wanita janda dari Kecamatan Kersana,” ungkapnya.

Eko menjelaskan, terdapat perbedaan antara KK kawin resmi dengan nikah siri. Dalam KK kawin resmi, status perkawinan suami istri ini diberi keterangan tercatat. Sedangkan KK nikah siri status perkawinan diberi keterangan belum tercatat.

“Perbedaan lainnya, jika laki-laki (suami) memilih tinggal bersama istri sah, maka dalam KK nikah siri namanya tidak dicantumkan. Keterangan nama suami akan muncul bila pasangan nikah siri ini memiliki anak, karena dalam keterangan orang tua anak tersebut akan disertakan nama ayahnya,” terangnya.

Lain halnya jika pria ini memilih tinggal bersama pasangan sirinya, maka namanya akan dicantumkan dalam KK siri.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...