Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ganjar Lantik Sumarno jadi Sekda Jateng

Sumarno dilantik sebagai Sekda Jateng. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Sumarno yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jawa Tengah dilantik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai sekretaris daerah (sekda).

Pelantikan Sumarno dilakukan Jumat (8/10/2021) di Gedung Gradhika Bhakti Praja. Pelantikan dimulai dengan pembukaan amplop berisi nama Sekda terpilih dari Presiden Joko Widodo.

Sumarno terpilih setelah unggul dalam lelang jabatan yang digelar Ganjar. Dan di seleksi akhir tiga nama yang disetorkan ke Presiden Jokowi, Sumarno terpilih dari kandidat lain yakni Kepala Dinas ESDM Jateng, Sujarwanto dan Kepala BPSDM Jateng, Arief Irwanto.

“Kami di daerah hanya punya kewenangan untuk menyeleksi. Kami memilih tiga kandidat dan diberikan ke presiden. Di sanalah yang menentukan, ada tim penentu akhir yang memilih,” kata Ganjar ditemui usai pelantikan.

Menurutnya, siapapun yang jadi pilihan presiden akan diterima. Sebab, tiga calon yang lolos seleksi Sekda kemarin adalah calon-calon yang terbaik.

“Menurut saya tiga calon yang lolos ini yang terbaik, ada Pak Jarwanto, Pak Arief dan Pak Marno. Pansel sudah melakukan proses seleksi dengan baik,” jelasnya.

Baca: Dituding Rasis oleh Pigai, Ganjar Justru Asyik Ngobrol Bareng Pemuda Papua

Sekda yang baru diminta segera tancap gas, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang terkulai akibat pandemi.

“Banyak hal yang kemarin kita harus tertinggal, khususnya terkait ekonomi. Maka saya minta segera ini diperbaiki. Selain itu, skenario adaptasi kebiasaan baru juga harus dibereskan,” terangnya.

Hal yang mendesak dilakukan saat ini lanjut Ganjar adalah membuat rencana aksi terkait politik anggaran. Menurutnya, RAPBD Jateng tahun 2022 sedang dibahas dan ia meminta Sekda segera merancang anggaran dengan maksimal.

Sementara itu, Sumarno mengatakan jabatan ini adalah amanah yang sangat berat. Namun karena diberi kepercayaan, ia mengatakan akan bekerja optimal dalam mengemban amanah itu.

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...