Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Formula E Batal Digelar di Monas, 5 Alternatif Disiapkan

Ilustrasi Formula E. (Dok Id.Motorsport.com)

MURIANEWS, Jakarta – Formula E dinyatakan batal dilaksanakan di Monas. Kabar tersebut terungkap setelang salah satu pengurus gelaran Formula E mengundurkan diri.

Project Director Sportainment Jakpro Muhammad Maulana diketahui mengundurkan diri dari Jakpro. Semasa di JakPro, Maulana terlibat dalam penyelenggaraan Formula E Jakarta.

Direktur JakPro, Gunung Kartiko membenarkan pengunduran diri Maulana. Dijelaskannya, selama di Jakpro, Maulana menjabat sebagai Strategic Business Unit (SBU) Sportaiment JakPro merangkap SBU terkait Formula E.

“Benar, mengundurkan diri. Beliau itu di JakPro selevel kadiv, jadi sebagai seorang karyawan Jakpro mengundurkan diri suatu hal yang wajar. Jadi jangan dibikin kok heboh banget. Posisinya Pak Maulana kan dulu SBU Sportainment, tapi merangkap SBU Formula E,” ujarnya dikutip dari Detikcom, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Anies ‘Ngotot’ Formula E Harus Bisa Digelar Pada 2022

Disebutkan Gunung, Maulana mengundurkan diri beberapa minggu lalu. Gunung juga tak mau pengunduran Maulana lantas dikaitkan dengan Formula E. Sebab, itu merupakan hak dari setiap karyawan.

“Jangan dikait-kaitin. Dia berhaklah, dia punya karier yang lain,” ujarnya.

Di kesempatan itu, dia memastikan gelaran Formula E tetap berlanjut. Saat ini, JakPro menyiapkan lima venue untuk pelaksanaan Formula E. “Yang jelas bukan di Monas, itu saja cluenya,” kata Gunung Kartiko.

Faktor perizinan dari pemerintah pusat menjadi kendala utama penggunaan area Monas sebagai venue Formula E. Oleh karenanya, Jakpro mencari lokasi lain yang tetap menunjukan ikon Kota Jakarta. Pihaknya sendiri sudah menyiapkan lima alternatif tempat pengganti.

“Banyak, ada 5 alternatif. Karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinan, jadi kita cari lokasi ikon Jakarta yang memang menunjukkan Jakarta,” sambungnya.

Dia mengatakan nantinya Formula E Operation (FEO) akan meninjau langsung lokasi-lokasi yang dijadikan calon trek balap Formula E.

“Nantinya gini, dari alternatif itu nanti FEO akan datang untuk survei, mapping semua. Baru akan ditentukan yang bagus, (misal) alternatif 1 atau 2,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan ada beberapa lokasi pengganti untuk venue Formula E. Beberapa di antaranya, kawasan Senayan dan Pantai Maju-Bersama.

Sebagai informasi, Pantai Maju dan Pantai Bersama di Jakarta Utara merupakan nama dari dua pulau reklamasi D dan Pulau G.

Politikus Gerindra itu tak memerinci alasan memilih pulau reklamasi sebagai calon venue Formula E. Kendati demikian, dia memastikan nantinya JakPro sebagai penyelenggara Formula E di Ibu Kota akan mengecek lokasi-lokasi tersebut.

“Tadi disampaikan oleh Direktur Jakpro tidak di Monas, ada lima alternatif nanti akan dicek lokasinya,” ujarnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...