Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Predikat WTP Disebut Bisa Dongkrak Kepercayaan Investor

Bupati Pati menerima penghargaan WTP. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati Marno, menyebut opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diberikan BPK kepada Pemkab Pati bisa menjadi daya dongkrak tersendiri bagi Bumi Mina Tani.

Marno mengatakan, sejauh ini Pati sudah mendapatkan opini WTP enam kali berturut-turut sejak 2015 hingga 2020. Menurutnya, ini tidak hanya sebatas penghargaan tanpa makna, tetapi mempunyai nilai tambah berupa kepercayaan dari investor.

“Pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel, menjadi daya tarik investor. Ini yang patut diperhatikan. Pati sudah enam kali dapat WTP, tentunya investor juga mempunyai kepercayaan yang lebih untuk berinvestasi di Pati,” katanya, Kamis (7/10/2021).

Dia menambahkan, predikat WTP tersebut dapat menjadi modal utama yang menunjukan bahwa secara standar sudah memenuhi standar laporan keuangan.

“Ini adalah kualitas tertinggi dari suatu tata kelola keuangan itu penting yang pertama,” ujarnya.

Kemudian, predikat WTP tersebut, menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sudah mengelola anggaran dengan cara-cara yang benar sesuai dengan tata kelola yang semestinya.

Baca: Pemkab Pati Raih WTP Enam Kali Berturut-Turut

Hal tersebut menurutnya penting disampaikan, karena bagi mereka yang mengerti investor, yang memahami kondisi ini, akan membuat mereka tertarik untuk berinvestasi di Pati.

“Secara teori mestinya menjadi daya tarik untuk investor masuk ke Pati, bahkan secara potensi cukup bagus juga untuk bisa menarik berbagai investor,” terangnya.

Dengan adanya kepercayaan investor ini, yang kemdian berkenan untuk berinvestasi di Pati, juga harus disertai dengan komitmen membantu pemerintah. Terutama dalam hal penanggulangan pengangguran dan kemiskinan.

“Kemudian bisa juga menambah pendapatan asli daerah (PAD). WTP ini modal besar yang harus dimanfaatkan betul untuk kemajuan kota,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...