Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Penyelundupan Sabu, LP Kedungpane Tambah Enam CCTV

Petugas menambah enam kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) di setiap sudut area tembok terluar Lapas Kelas I Semarang, Kamis (7/10/2021). (Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang atau yang akrab disebut LP Kedungpane Semarang menambah enam kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) di setiap sudut area tembok terluar Lapas, Kamis (7/10/2021).

Selain untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, pemasangan CCTV ini juga untuk memantau upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas yang sering dilakukan dengan cara melemparkan barang haram tersebut dari tembok luar lapas.

Kepala Lapas Semarang Supriyanto menyebutkan, sejauh ini jumlah CCTV yang terpasang di lingkungan lapas sudah terpasang 54 kamera pengintai. Dengan adanya tambahan ini, total CCTV yang ada mencapai 60 kamera.

Baca: Lagi! Penyelundupan Ratusan Pil Koplo ke Lapas Semarang Digagalkan Petugas

”(Hari ini) kami tambah lagi enam kamera CCTV pada tembok belakang lapas yang bersampingan dengan lahan kosong warga sekitar. Secara bertahap beberapa sudut akan kami lengkapi lagi,” katanya.

Supriyanto menjelaskan, selain menggunakan CCTV, pihak lapas juga akan melakukan pengawasan dari atas tembok.

Petugas yang bertugas mengawasi itu akan dilengkapi dengan senjata laras panjang. Pihaknya akan terus berupaya menekan angka pelanggaran yang terjadi Lapas.

Baca: Lagi, Lapas Semarang Gagalkan Lemparan Sabu dari Tembok Lapas

”Ini semua kami lakukan supaya kita steril dari gangguan dan upaya penyelundupan sabu. Selama ini pencegahan lewat jalur depan sudah sangat ketat. Tapi mereka menggunakan celah penyelundupan barang dengan cara dilempar dari luar tembok,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dihimpun MURIANEWS, dalam dua pekan terakhir mulai 24 September – 7 Oktober 2021 telah terjadi empat kali upaya penyelundupan narkotika dengan cara dilempar dari tembok terluar lapas dan berhasil digagalkan petugas.

Pertama, tanggal 24 September 2021, petugas berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 100 gram sabu dan 100 butir pil koplo. Selang lima hari kemudian yakni tanggal 29 September 2021petugas kembali mengamankan 195 pil koplo.

Tak berhenti disitu, dua hari kemudian petugas juga kembali mengamankan 4,3 gram sabu yang juga dilempar dari tembok terluar lapas. Dan terakhir pada 5 Oktober 2021 lalu, petugas juga kembali mengamankan 100 gram sabu.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...