Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

10.661 KPM Pati Belum Terima BPNT, Total Nilainya Segini

Warga mengambil beras dan telur di e-Waroeng. (MuriaNewsCom/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 10.661 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan NonTunai (BPNT) masih belum mendapatkan bantuan. Dari jumlah tersebut, uang yang seharusnya diterima oleh rakyat nilainya sangat besar.

Totalnya mencapai Rp 8,21 miliar. Nilai ini terhitung sejak awal januari hingga saat ini.

Padahal, bantuan itu seharusnya dicairkan setiap bulan untuk kebutuhan pangan KPM di Bumi Mina Tani.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Pati Tri Haryumi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Bahkan pihaknya mengaku sudah bersurat ke Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Permasalahannya sendiri adalah karena data 10.661 KPM penerima BPNT ini masih terblokir oleh sistem yang ada di pusat. Sehingga, KPM tidak bisa mendapatkan bantuan sebelum blokirnya dibuka.

“Pak Kepala dinas sudah ke Jakarta (Kemensos) untuk mengatasi masalah ini. Untuk yang PKH, semuanya sudah beres. Tapi untuk BPNT belum bisa, masih nunggu buka blokir,” katanya, Rabu (6/10/2021).

Baca: Bansos Januari-Agustus Ada yang Belum Cair, DPRD Pati Berang

Dia menambahkan, dari sebanyak 10.661 KPM yang mendapatkan BPNT, nominal uangnya sebanyak Rp 8.217.700.000. Pihaknya mengaku tidak tahu persis keberadaan uang tersebut, apakah di BRI atau kembali ke Kemensos.

“Kalau terblokir (KPMnya), ya kembali ke Kemensos (uangnya). Tapi monggo tanya ke BRI,” jelasnya.

Sekali pun untuk yang PKH sendiri blokirnya sudah dibuka oleh pusat, tetapi hingga saat ini masih ada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang belum tersalurkan.

“PKH sudah buka blokir, tapi masih ada KKS yang belum terdistribusi dari BRI,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...