Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Latihan SAR di Jembatan Serang Grobogan Bikin Kaget Pengendara

Tim SAR gabungan sedang latihan penanganan korban banjir yang dilangsungkan di Sungai Serang. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Sejumlah pengendara di jalan Purwodadi-Semarang sempat dibikin kaget saat melintasi jembatan Sungai Serang, Rabu (6/10/2021). Hal ini menyusul adanya banyak orang berseragam tim SAR yang berada di jembatan tersebut.

Sebagian personel terlihat turun ke sungai menggunakan tali. Melihat pemandangan itu, para pengendara sempat mengira jika saat itu sedang ada kegiatan evakuasi orang tenggelam di Sungai Serang.

Namun, perkiraan pengendara ini ternyata meleset. Soalnya, keberadaan tim SAR gabungan dari BPBD, Kodim, dan Polres Grobogan itu bukan dalam rangka mencari korban hanyut. Tetapi, tim SAR gabungan ini sedang melaksanakan latihan bersama.

“Tidak ada kejadian. Kita sedang melaksanakan latihan gabungan menjelang masuknya musim hujan. Fokus pelatihan adalah penanganan korban banjir yang dilangsungkan di Sungai Serang ini,” kata Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih.

Dalam pelatihan itu, peserta mempertajam kemampuan berenang yang efisien dalam upaya mengevakuasi korban tenggelam. Tidak hanya itu, mereka juga diajari cara mengoperasikan perahu karet dengan menggunakan mesin dan dengan cara mendayung atau konvensional.

Ia berharap, latihan gabungan yang baru kali pertama digelar ini di masa pandemi, bisa berjalan konsisten, minimal satu bulan sekali. Tujuannya, agar kemampuan para personel terus terasah, serta meningkatkan kerja sama dan sinergitas antar instansi.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...